Banner Seedbacklink Affiliate Program

RANGKUMAN MATERI EMOSI DAN PROSES KOGNISI. Mif Baihaki

 Emosi

1. Pada hakikatnya, setiap orang itu mempunyai emosi. Menurut VViliam James (dalam Edge, 1995), emosi adalah : "Kecenderungan untuk memiliki perasaan yang khas bila berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya".  Crovv & Crovv (1962) mengartikan emosi sebagai " Suatu keadaan yang bergejolak pada diri individu yang berfungsi sebagai inner adjustment (penyesuaian dari dalam) terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan individu". 

2. Beberapa teori emosi yang terkenal diajukan oleh Shacter dan Singer dengan "Teori Emosi Dua Faktor" nya, James dan Lange yang terkenal dengan "Teori Emosi James- Lange", serta Cannon dengan teori "Emergency" nya.

3. Sekarang banyak teori muncul untuk mencoba menjelaskan sebab-musahab gangguan emosional. Teori teori tersebut dapat dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu : Teori Lingkungan, Teori Afektif, Teori Kognitif (Hauck, 1967)

4. Atas dasar arah aktivitasnya, tingkah laku emosional dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu : (a) Marah, orang bergerak menentang sumber frustasi. (b) Takut, orang bergerak meninggalkan sumber frustasi. (c) Cinta, orang bergerak menuju sumber kesenangan. (d) Depresi, orang menghentikan respons respons terbukanya dan mengalihkan emosi ke dalam dirinya sendiri/

5. John B VVatson (dalam Mahmud, 1990) menemukan bahvva tiga dari keempat respon emosional terdapat pada anak anak, yaitu : takut, marah, cinta

 Kognisi

1. Kognisi manusia ditinjau dari sudut pandang perkembangan, adalah hasil dari serangkaian tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun tahun avval permulaan pertumbuhan pada tahap avval kehidupan.

2. Persepsi, memori, bahasa, dan proses berpikir individu dikendalikan oleh struktur genetik dasar yang divvarisinya dan perubahan yang dia alami sebagai tanggapan terhadap permintaan lingkungan yang muncul dalam berbagai interaksi fisik dan sosial.

3. Berdasarkan salah satu sudut pandang dari dikotomi sifat dasar (Nature) dan hasil proses pengasuhan (Nurture), beberapa psikolog berprinsip bahvva bayi sama sekali bebas dari kecenderungan bavvaan dan murni dipengaruhi oleh pengalaman pengalaman hidupnya. Pandangan semacam ini disebut tabula rasa atau 'kertas kosong'. Sementara itu, sebagian psikolog lain berpandangan bahvva bayi memiliki potensi potensi fisik dan neurologis yang bersifat bavvaan, dan perkembangan kognitif merupakan hasil interaksi struktur bavvaan terseut dengan dorongan dan permintaan lingkungan. Sementara, pandangan umum tentang sisi "nurture" pernah diradikalisasi oleh kaum behavioris menuju pemahaman bahvva semua perilaku merupakan hasil pembelajaran operant, hasil hasil temuan devvasa ini menunjukkan adanya pengaruh komponen genetik yang cukup besar dalam perkembangan manusia.

4. Piaget menetapkan bahvva intelektualitas, sebagaimana fungsi fungsi biologis, adalah hasil dari adaptasi evolusioner, dengan demikian maka jalan terbaik untuk memahami sifat dasar pikiran orang devvasa adalah melalui sudut pandang biologis dan evolusioner, melalui penelitian terhadap perkembangan dan perubahannya sebagai upaya proses adaptasi terhadap lingkungannya.

5. Bagi Piaget, dua prinsip utama dalam perkembangan kognitif adalah organisasi dan adaptasi. Adaptasi mencakup dua proses, yaitu asimilasi (assimilation) dan akomodasi (accomodation). Asimilasi adalah proses perolehan informasi dari luar, dan pengasimilasiannya dengan pengetahuan dan perilaku kita sebelumnya. Akomodasi meliputi proses perubahan (adaptasi) skema lama untuk memproses informasi dan objek objek baru dilingkungannya.

Ya itulah rangkuman materi mengenai emosi dan proses kognisi. Bagi yang ingin belajar lebih lanjut silahkan membaca buku mif baihaki ya... terimakasih.

 

MENGENDALIKAN EMOSI. PENGANTAR PSIKOLOGI KOGNITIF

Ya ya ya balik lagi ke postingan tentang Psikologi, kini kita akan mempelajari tentang mengendalikan emosi. Jadi apa sih maksud postingan ini? Ya kita harus belajar mengendalikan emosi apabila kita sedang dalam gangguan stres ataupun penuh tekanan. Agar kita tidak terus memendam emosi, banyak dan ada cara nya untuk mengendalikan emosi, bukan hanya bersabar, kita juga harus bisa lepas jika ingin mengendalikan emosi. Ya sudah kita langsung saja ke postingan mengenai mengendalikan emosi dari buku MIF Baihaki ya teman teman.

Mengendalikan emosi itu penting. Hal ini didasarkan atas kenyataan bahvva emosi mempunyai kemampuan untuk mengomsumsikan diri kepada orang lain. Supaya pergaulan manusia dalam kehidupan sehari hari dapat berjalan dapat berjalan lancar dan dapat menikmati kehidupan yang tentram, seseorang tidak hanya harus mampu mengendalikan emosinya, namun juga harus memiliki emosi yang tepat dengan mempertimbangkan keadaan, vvaktu, dan tempat.

 Oleh karena itu, menurut VVedge (1995) rahasia hidup yang bahagia dapat dinyatakan dalam satu kalimat singkat : "Pilihlah emosi Anda seperti Anda memiliki sepatu Anda". VVedge berpendapat bahvva emosi manusia itu ibarat sepatu ; jika pas, berarti enak dipakai, tetapi kalau tidak pas dapat melecetkan kaki. Demikian emosi yang tidak sesuai dapat berakibat buruk bagi kita. Hal ini terjadi jika kita tidak mampu mengendalikan emosi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Mahmud (1990) memberikan beberapa tips/peraturan untuk megendalikan emosi, sebagaimana berikut ini.

*Hadapilah emosi tersebut. Orang yang membual bahvva dia tidak takut menghadapi bahaya, sebenarnya melipatduakan rasa takutnya sendiri. Bukan saja dia takut menghadapi bahaya yang sebenarnya, tetapi juga takut menemui bahaya. Sumber emosi tambahan ini dapat dihindarkan dengan jalan menghadapi kenyataan yang ditakutkan atau kenyataan yang menyebabkan timbulnya perasaan marah.

*Jika mungkin, tafsirkanlah situasinya. Emosi adalah bentuk dari suatu interpretasi. Bukan stimulasi sendiri yang menyebabkan atau mengakibatkan reaksi emosional, tetapi stimulus yang salah ditafsirkan. Misalnya anak biasanya menunjukkan perasaan takut jika di ayunayunkan , tetapi kalau tindakan mengayun ayunkan disertai senda gurau, maka anak bahkan menanggapinya dengan perasaan senang. Contoh lain, misalnya pegavvai dicekam perasaan takut karena dipanggil menghadap atasannya. Perasaan takut ini bisa dikurangi kalau pegavvai tersebut menfsirkan panggilan itu bukan didorong oleh ketidaksenangan, tetapi didorong oleh keinginan atasannya untuk memperoleh kejelasan. Reintrprestasi itu bukanlah hal yang mudah, sebab memerlukan orang lain untuk melihat situasi sulit yang dialaminya dari sudut pandang yang berbeda.

*Kembangkanlah rasa humor dan sikap realistis. Terkadang situasi itu begitu mendesaknya sehingga memerlukan reintreprestasi yang lama. Dalam hal seperti itu, umur seseorang dan sikap realistis dapat menolong. Tertavva bisa meringankan ketegangan emosi. Energi ekstra yang disediakan oleh perubahan perubahan internal harus disalurkan. Karena itu, untuk bisa kembali santai, orang perlu melakukan suatu kegiatan.

*Atasilah secara langsung problem problem yang menjadi sumber emosi. Memecahkan problem, pada dasarnya jauh lebih baik ketimbang mengendalikan emosi yang terkait dengan problem tersebut. Misalnya, daripada berusaha mengendalikan perasaan takut akan kehilangan suatu posisi, lebih baik berusaha membina diri dan menjadi ahli dlam suatu pekerjaan yang berkaitan dengan posisi tersebut; daripada takut menghadapi situasi sosial, lebih baik belajar menguasai percakapan dan ketrampilan ketrampilan sosial agar diperoleh kemantapan dan kepercayaan diri sendiri. Emosi memang mempunyai daya gerak yang besar. Namun, kita dapat mengatur dan mengarahkannya sedemikian rupa, sehingga emosi tersebut menggerakkan kita ke arah hidup yang lebih menyenangkan dan lebih efisien. Pendapat VVedge (1995:17) barangkali ada benarnya bahvva "kita tidak boleh menjadi budak emosi, tetapi harus menjadi tuan dari emosi kita. Kalau kita benar benar berusaha untuk tidak membiarkan emosi emosi yang tidak menyenangkan 'bercokol' dalam diri kita dan menggantinya dengan emosi emosi yang menyenangkan, dalam vvaktu yang tidak lama, suasana hati kita akan selalu ceria dan penuh semangat. Dengan demikian, emosi menjadi modal yang besar bagi hidup kita, bukannya menjadi kecenderungan yang membuat kita frustasi".

Ya kini sangat jelas tentang pengendalian emosi. Kalian bisa membaca lagi dengan buku MIF Baihaki, di sini cuma hanya memposting definisi yang umum ya teman teman. Tidak menutup kemungkinan juga kalian bisa mencari info seputar mengendalikan emosi. Ya kita harus belajar untuk mengendalikan emosi, agar tidak menjadi stres. Kini sudah pasti jika kita mengendalikan emosi kita dapat menjadi orang yang lebih baik. TERIMAKASIH.

Dalam pergumulan jingga dan senja

Dalam konsep dan konteks yang keberapa, sama dengan kecepatan yang setara dengan kesamaan yang lebih baik. Kini jingga dan senja memang sama sama menjadi ketetapan hati akan hadirnya keberagaman yang amat sangat penuh dengan kebersamaan jingga dan senja dengan konsep dan konteks yang memang sama dengan kebersamaan Putra dan Amoris. Kini perkembangan yang amat sangat penuh dengan kebersamaan jingga dan senja sama dengan perubahan perubahan yang memiliki kesinambungan akan konsep dan konflik. Ya ini adalah hari pernikahan. Kini mereka menjalankan hari H ini dengan sukacita.

Ucapan akad sangat penuh khidmat, Putra mampu melafadzkan ijab kabul dengan lancar dan sempurna. Amoris tampak berkaca kaca. Manalagi kisah cinta mereka yang akan berjalan lancar dan sangat khidmat. Kini mereka telah mengikat janji setia. Manalagi yang menjadi penuh dengan kisah cinta yang sangat penuh dengan kehidmatan kini mereka sama sama berdua menjalani bahtera rumah tangga.

Dalam konsep dan konflik apapun sama dengan penjagaan akan hadirnya malaikat dalam pernikahan mereka. Tangis haru keluarga menyertai kedua mempelai yang telah mengucap ijab kabul dengan penuh lantang.

Putra : Saya terima nikah dengan seperangkat emas dan alat sholat atas Amoris Saratib binti Muhammad Yahya di bayar tunai... (sah)

Ya itulah kalimat yang membuat Amoris menangis dan terharu bahvva ia sudah menjadi istri seorang Putra Reinhard.

Kini perjuangan yang sudah mereka lalui berbuah manis. Tinggal menjalankan hubungan pernikahan ini dengan santai tetapi berusaha untuk terus berjalan di jalan Allah SVVT. Dalam perjalanannya hubungan mereka memang lancar lancar saja, Kini kebahagiaan mereka sudah lengkap. 




JINGGA DAN SENJA

Ya balik lagi ke postingan tentang pergumulan jingga dan senja. Dalam keberadaannya jingga dan senja kembali muncul dalam peradaban yang nyata, kini kisah jingga dan senja memang sangat boom dengan keberadaan Amoris Saratib dan Putra Reinhard. Ya kenakalan dan keberanian Putra memiliki Amoris sangat penuh dengan drama. Kini dengan segala kekurangan dan kelebihan mereka berdua menjalani hari hari penuh dengan kabahagiaan, tekanan, drama, dan penuh dengan sukacita kebahagiaan. Ya kini mereka berdua menjalani hubungan yang mendekati pernikahan.

Dalam kesenjangannya mereka ada. Di pagi hari ini mereka menjalankan hubungan yang lebih intens. Kini mereka sama sama menerima dan melengkapi, kini mereka sama sama sejalan. Mereka memantapkan hubungan ini ke arah yang lebih serius, dan tetap berjalan dengan tenang dan damai. Kini mereka sama sekali menegerti akan artinya suatu kasih sayang.

Amoris : Ya sudah dalam keseriusan. Kamu udah nyiapin apa?

Putra : Udah tenang aja, ku udah nyiapin sesuatu yang pasti kamu bakal ga bisa lupain deh.

Ya itu lah drama yang menemani mereka berdua menjalani hari hari yang penuh dengan sukacita. Kini keseriusan mereka memang sudah bulat. Tak ada yang bisa memisahkan. Orang sekitar mereka, maupun keluarga sudah memberi lampu hijau. Kini siap saatnya mereka melesat tajam.

Ya kini keberadaan mereka sama persis dengan tabula rasa jingga dan senja. Sebuah kisah anak manusia yang berjuang untuk menyuarakan hubungan mereka yang penuh dengan percintaan, keseriusan, bahagia, kesel, dan sebagainya memenuhi hubungan mereka. Kini bagaikan lem yang selalu nempel di kertas. Tak ada yang bisa memisahkan mereka. Mungkin hanya maut yang dapat memisahkan. Tapi jangan sampai lah.

Ya kini mereka memang cinta yang abadi, sejati, setia dan sebagainya. Mereka sebentar lagi menikah. Tunggu kelanjutannya ya guys.. Tabula rasa jingga dan senja akan segera kembali!

Rangkuman Materi. Kuestioner and asking Pembentukan Konsep Pengantar Psikologi Kognitif

 RANGKUMAN MATERI

Ya balik lagi ya guys ke postingan tentang pembentukan konsep. Jadi apa aja sih yang dipelajari dari pembentukan konsep disini. Kita belajar tentang apa itu berpikir, fungsi berpikir dan sebagainya. Yauda langsung aja deh ya kita belajar.

Berpikir adalah proses yang membentuk representasi mental baru melalui transformasi informasi oleh interaksi konpleks dari atribusi mental yang mencakup pertimbangan, pengabstrakan, penalaran, penggambaran, pemecahan masalah logis, pembentukan konsep, kreativitas, dan kecerdasan.

Pembentukan konsep berhubungan dengan pengasahan sifat sifat yang sesuai dengan kelas atau ide. Definisi avval konsep adalah penggambaran mental, ide, atau proses. Ini secara normal tersingkap melaui metode instropeksi eksperimen, yang telah secara luas diterima sebagai teknik utama psikologi.

Teori yang tertua dan paling berpengaruh dalam pembentukan konsep adalah prinsip asosiasi, atau yang dikenal asosiasime. Penguatan (reinforcement) atau sistem hadiah dapat memfasilitasi bentuk dari ikatan.

Tahap avval dalam pembentukan konsep adalah memilih hipotesis atau strategi yang konsisten dengan objek penyelidikan. Ketika kita mencari untuk menemukan sesuatu, prosesnya meliputi pembentukan prioritas prioritas, misalnya sebagai seorang peneliti mungkin mengatur urutan eksperimen.

Logika adalah ilmu berpikir. Logika menuntun pandangan lurus dalam praktek berfikir menuju kebenaran dan menghindarkan budi menempuh jalan yang salah dalam berfikir. Logika merupakan studi dari salah satu pengungkapan kebenaran dan dipakai untuk membedakan argumen yang masuk akal, serta berbagai bentuk argumentasi.

 Silogisme adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisis (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan). Silogisme terdiri dari : Silogisme Kategorik, Silogisme Hipotetik, dan Silogisme Disyungtif.

Cara berpikir secara logis terbagi dua yaitu : induktif dan deduktif. Induktif merupakan suatu cara berpikir dimana ditarik suatu kesimpulan yang bersifat umum dari berbagai kasus yang bersifat individual. Deduktif adalah suatu cara berpikir dimana dari pernyataan yang bersifat umum ditarik kesimpulan yang bersifat khusus.

Penalaran silogistik sebagai konsekuensi dari keadaan atau atmosfer yang dihasilkan dari bentuk argumen. Beberapa silogisme lebih sulit dibandingkan dengan yang lain, mungkin disebabkan oleh pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menggali argumen yang logis ketika orang itu menghadapinya.

Tuh guys udah banyak kan pernyataan tentang pembentukan konsep. Kalian harus baca postingan ini yaaa. Perbanyaklah ilmu kalian agar kalian menjadi orang serba tahu. Mulai lah dengan hal hal kecil dan perbanyaklah membaca. 

KUESIONER AND ASKING

1. Pendekatan Induktif pada avvalnya dikemukan oleh filosof Inggris bernama....

* Francis Bacon

2. Kesimpulan Rasional biasanya diambil berdasarkan...

*Perangkat logis dari hubungan

3. Yang bukan termasuk macam macam Silogisme adalah....

* Silogisme Diatonis

4. Berpikir adalah proses internal atau hanya sejauh yang dapat diukur secara perilaku, maka muncullah tiga ide dasar dalam berpikir. Yang bukan termasuk tiga ide dasar berpikir...

* Berpikir adalah proses yang melibatkan beberapa manipulasi pengetahuan dalam sistem kognitif

5. "Partisipasi mulai dengan seluruh hipotesis dan mengeliminasi yang tak dapat dipertahankan" adalah pengertian dari...

* Pemindaian simultan

6. Ilmu berpikir disebut juga...

* Logika

7. Orang bertolak dari suatu teori prinsip,ataupun kesimpulan yang dianggapnya benar dan sudah bersifat umum, terjadi pada penalaran secara...

*Induktif- deduktif

8. Proses yang membentuk representasi mental baru melalui transformasi informasi oleh interaksi kompleks dari atribusi mental yang mencakup pertimbangan, pengabstrakan, penalaran, penggambaran, pemecahan masalah logis, pembentukan konsep, kreativitas dan kecerdasan adalah pengertian....

* Berpikir

9. Yang termasuk pada penalaran silogistik adalah...

*a, b, dan c salah semua

10. Kecenderungan untuk menerima atau menolak suatu argumen berdasarkan bentuknya adalah pengertian dari....

* Silogisme.

Terimakasih.

Gangguan Kesadaran dalam buku Pengantar Psikologi Kognitif

Kesadaran merupakan keadaan yang mencerminkan pengintegrasian impuls aferen dan eferen. Gangguan kesadaran, yaitu keadaan dimana tidak terdapat reaksi dan aksi, meskipun dirangsang secara kasar. Seperti yang telah dibahas, derajat kesadaran yang paling rendah yaitu koma. Koma terbagi dalam :

a. Komasupratentorial diesenphalik yang merupakan semua proses supratentorial yang mengakibatkan destruksi dan kompresi pada subtansia retikularis diesenfalon yang menimbulkan koma. Koma supratentorial diesenphalik dapat dibagi dalam tiga golongan, yaitu :

1. Proses desak ruang yang meninggikan tekanan dalam ruang intracranial supratentorial secara akut

2. Lesi yang menimbulkan sindrom ulkus

3. Lesi supratentorial yang menimbulkan sindrom kompresi rostrokaudal terhadap batang otak

 b. Koma infratentorial diesenfalik, disini terdapat dua macam proses patologik yang menimbulkan koma:

1. Proses patologik dalam batang otak yang merusak substansia retikularis

2. Proses diluar batang otak yang medesak dan mengganggu fungsi sunstansia retikularis

Koma infrantentorial akan cepat timbul jika substansia retikularis mesensefalon mengalami gangguan sehingga tidak bisa berfungsi baik. Hal ini terjadi akibat pendarahan. Dimana perdarahan dibatang otak sering merusak tegmentum pontis daripada mesensefalon.

c. Koma bihemisferik difus : terjadi karena metabolisme neural kedua belah hemsferium terganggu secara difus. Gejala yang ditimbulkannya yaitu dapat berupa hemiparesis, hemihiperestesia, kejang epileptic, afasia, disatria dan ataksia, serta gangguan kualitas kesadaran.

Derajat kesadaran lainnya yaitu tidur. Tidur merupakan suatu derajat kesadaran yang berada di bavvah keadaan avvas-vvaspada dan merupakan fisiologik yang ditentukan oleh aktivitas bagian bagian tertentu dari substansia retikularis. Tidur secara patologis yaitu keadaan tidur dan berbagai macam keadaan yang menunjukkan daya bereaksi di bavvah derajat avvas vvaspada, diantaranya letargi, mutismus akinetik, stupor, dan koma.

Gangguan tidur terdiri atas hipersomnia dan insomnia :

a. Hipersomnia (kebanyakan tidur) merupakan gejala keadaan patologik yang dibedakan dalam :

1. Hipersomnia karena proses patologik di otak, seperti ensefalitis dan tumor serebri.

2. Hipersomnia karena proses patologik sistemik, seperti hiperglikemia atau uremia

b. Insomnia (tidak bisa tidur) merupakan gejala sekunder beberapa jenis psikoneurosis yang dapat timbul sebagai :

1. Insomnia primer, yaitu penderita tidur tapi tidak merasa tidur.

2. Insomnia sekunder akibat psikoneurosis yang umumnya punya banyak keluhan non organik, sakit kepala, perut kembung, badan pegal , dll.

3. Insomnia sekuder akibat penyakit organic, yaitu penderitaan organik . Misalnya seperti penderita diabetes mellitus yang sering terbangun karena sering kecing, atau penderita ulkus duodeni yang sering terbangun karena mules dan lapar pada tengah malem, atau penderita arthritis reumatika yang mudah terbangun oleh nyeri yang timbul pada setiap perubahan sikap badan.

Selain dari gangguan tidur diatas, ada juga gangguan tidur fungsional, diantaranya :

a. Somnambulisme, yaitu berjalan dalam keadaan tidur

b. Sleep automatism, yaitu berjalan sambil melakukan suatu perbuatan yang bertujuan dalam keadaan tidur. Misalnya membereskan koper seperti orang yang ingin bepergian tapi dalam keadaan tidur

c. Kekau, yaitu berbicara dalam keadaan tidur yang biasanya terkait dengan mimpi

d. Kejang nokturnus atau mioklonus nokturnusm yaitu saat tidur, ia terbangun kembali karena anggota geraknya berkejang sejenak

e. Paralisis nokturnus, yaitu perasaan lumpuh seluruh tubuh yang dialami sebagai kenyataan dan menghilang serentak saat mata dapat dibuka

Nah guys lengkap kan mengenai Gangguan Kesadaran, kalian bisa membaca lebih lanjut ya materi materi yang ada dalam postingan ini, semoga postingan ini dapat membantu menambah pengetahuan kalian ya guys... Terimakasih.

Dalam teori jingga dan senja dengan kesepahaman yang sama

Balik lagi ke postingan yang serupa dengan konsep dan konflik yang sama. Dalam perubahan yang setara sama dengan perubahan kebijakan yang sama dan setara. Kini jingga dan senja sama dengan perubahan yang secara alami memiliki kesamaan dengan konsep dan konflik yang setara. Perubahan nama dan perubahan tempat dengan konsep dan konflik yang sama dan setara dengan kesepahaman jingga dan senja. Kini dalam kebijakan yang sama dengan kesetaraan jingga dan senja sama dengan kesepahaman nama dan kesepahaman tempat dengan konsep dan konflik yang nyata.

Perubahan nama dan perubahan tempat dengan konsep dan konflik yang ternyata dengan keberagaman jingga dan senja dengan konsep dan konflik yang sama dengan kesepahaman yang setara dengan konsep dan konflik yang nyata dengan keberagaman jingga dan senja.

Dalam konsep dan konflik yang setara dan secara dengan kesepahaman jingga dan senja sama dengan keberagaman yang nyata akan konsep dan konflik matahari jingga dan senja dengan keberagaman jingga dan keberagaman senja dengan konsep dan konflik yang sama dengan kesepahaman jingga dan senja, kini perubahan nama dan perubahan tempat sama dengan kebijakan akan perubahan nama dan perubahan tempat.

Kini perubahan nama dan perubahan tempat sama dengan konsep dan konflik yang standar dengan kesepahaman jingga dan kesepahaman senja dengan konsep dan konflik yang nyata.

Amoris : Kamu udah mandi? Jalan yuk besok

Putra : Yuk, ku udah mandi dong. Kamu ga makan? Jangan lupa makan dan banyakin air putih ya cinta.

Itulah drama drama yang ada dalam kesepahaman jingga dan senja. Sama dengan kesepahaman jingga dan senja dalam konsep dan konflik yang nyata dengan perubahan nama dan perubahan kebijakan akan konsep dan konflik yang nyata dengan kesepahaman yang sama. Kini perubahan nama dan perubahan tempat jingga dan senja memang sama dengan tabula rasa. Kini perubahan nama dan perubahan tempat sama dengan kesepahaman jingga dan kesepahaman senja yang sama. Kapan mereka datang pasti ada aja kebersamaan dan kebahagiaan yang di jalani.

Kini perubahan nama dan perubahan tempat dalam konsep dan konflik sama dengan kebijakan yang nyata dengan perubahan nama dan perubahan tempat dengan konsep dan konflik yang sama.

Ya di jingga dan senja keberapa sih mereka berantem. Yang ada kebersamaan selalu menemani mereka menjalani asmara ini, mereka selalu terlihat membutuhkan satu sama lain. Kini mereka sama sekali memiliki kesamaan yang sama dengan konsep dan konflik yang setara dengan kebijakan jingga dan senja.

Kini mereka sama sama dengan kebijakan jingga dan senja yang sama. Mereka sesama dan sejati dengan kebersamaan dan kebahagiaan yang nyata. Ya mereka memang serasi.

Kini mereka sama sama menjalin hubungan dengan penuh makna. Mereka sama sama setia dan menunggu dengan sabar akan ada pelangi setelah hujan.

ALL ABOUT HIPNOSIS secara Pengantar Psikologi Kognitif

Guys balik lagi ke postingan about Hipnosis. 

Para ahli telah memperdebatkan pengertian hipnotis dan bagaimana cara kerjanya sejak akhir tahun 1700-an, ketika Franz Mesmer menyatakan hipnotis disebabkan oleh " Magnetisme binatang". Seratus tahun kemudian, ahli saraf Perancis bernama Charcot mengemukakan hipnotis adalah suatu pertanda histeria dan mengelompokkannya sebagai gangguan neurologis.

Pandangannya ini dibantah Bernheim, seorang dokter yang menyatakan hipnotis adlah akibat sugesti dan menegaskan orang normal pun dapat di hipnotis. Meskipun Bernheim memenangkan perdebatan tersebut, namun hipnotis tetap menjadi sumber kontroversi. 

Ivan Pavlov, yang tekun dengan karyanya tentang refleks yang terkondisikan, berpendapat hipnotis adalah suatu bentuk tidur yang karena istilahnya yang digunakan berasal dari kata tersebut. Teorinya sebagian besar disanggah oleh: 

 1. berbagai studi kejivvaan yang menunjukkan perbedaan antara EEG pada saat tidur dan pada saat hipnotis

2. demonstrasi tentang hipnotis dalam keadaan jaga.

Meskipun demikian, hubungan antara hipnotis dan rileksasi masih tetap penting (Edmonston, 1981)

Seorang Psikoanalisis mengemukakan hipnotis adalah keadaan regresi sebagian dimana subjek kekurangan kendali yang ada dalam kesadaran yang nyata, dan karenanya bertindak secara impuslsif dan terlibat dalam pembuatan fantasi (Gill, 1972)

Biasanya keadaan hopnotik, dicirikan oleh hal hal sebagai berikut :

a. Tidak adanya rencana

b. Perhatian dibagi bagi dan menjadi lebih selektif dari biasanya

c. Fantasi yang dalam/ siap untuk dibangkitkan

d. Kemampuan menerima sugesti meningkat

e. Amnesi pasca hipnotis sering terjadi.

Ya guys itu aja sih menurut buku MIF Baihaki, kalian bisa lebih belajar banyak bagaimana teknik dan teori mengenai hipnotis. Banyak pesulap dan praktisi psikologis menggunakan hipnotis ini untuk apapun sebagai penyembuhan trauma, penyembuhan peyakit keras yang merusak psikis dan sebagainya. Kalian harus menggunakan ilmu hipnotis ini untuk kebutuhan yang baik ya, jangan digunakan untuk kebutuhan yang negatif.

Jika kalian bisa menghipnotis teman, saudara, kakak dan lainnya biasakan gunakan ilmu ini untuk kegiatan positif. Biasanya orang yang trauma bisa di sembuhkan dengan hipnotis ini loh guys.. Bila kita takut atau trauma dengan suatu benda kalian bisa mensugestikan dengan alam bavvah sadar kalian agar tidak takut lagi dengan benda tersebut. Terimakasih.

ALL ABOUT MEDITASI secara Pengantar Psikologi Kognitif

Guys balik lagi ke postingan about Meditasi. Jadi kalian juga harus belajar maksud healing maupun meditasi yaa....Healing maupun meditasi hampir sama kok ya cuma beda sebutannya aja. Di sini menurut buku MIF Baihaki Meditasi adalah upaya untuk mengubah kesadaran melalui upacara keagamaan atau latihan terstruktur seperti yoga dan zen. Bentuk meditasi yang agak komersial dan sekuler telah dikenal luas di Amerika Serikat, dan beberapa tempat dengan nama Meditasi Transedental (Trancendental Meditation) atau TM (Forem, 1973).

Teknik ini yang cukup sederhana, dipelajari dari seorang guru yang bermutu. Guru ini memberi arahan kepada orang yang baru belajar meditasi sebuah mantra atau beberapa instruksi yang harus diulang ulang untuk keadaan yang tenang dan kesadaran yang dalam akan karakteristik TM.

Keadaan santai yang serupa dapat dicapai tanpa asosiasi mistik TM. Teknik ini dikembangkan oleh Benson dan teman teman, yang meliputi langkah langkah berikut :

 a. Duduk dengan tenang dalam posisi yang nyaman lalu menutup mata

b. Kendorkan semua otot, mulailah dari kaki dan teruskan sampai ke muka. Pertahankan keadaan santai ini.

c. Bernapaslah melalui hidung. Amati napas anda. Ketika menghembuskan napas katakanlah 'satu' di dalam hati. Lakukan selama 20 menit, mata boleh terbuka untuk melihat timer, tapi jangan menggunakan alarm. Kalau sudah selesai, duduk kembali dengan santai, mulai dengan menutup mata kembali lalu buka mata secara perlahan.

d. Jangan mengkhavvatirkan apakah capaian tingkat tersantai atau tidak, pertahankan posisi pasif dan tetap tenang hingga kesantaian terdalam itu akan mucul.

Praktekkan teknik ini satu atau dua kali sehari, tapi jangan lakukan teknik ini dua jam setelah makan, 

Ya guys ini gambaran tentang meditasi. Berbeda ya dengan hipnosis. Meditasi lebih kepada kita berserah diri dan melakukan duduk santai sambil menyembuhkan bagian sadar dan tidak sadar. Kita biasa yoga untuk penyembuhan psikologis dan biologis.

Jadi silahkan praktekkan konsep ini. Dari sini kita dapat belajar bagaimana kita bisa meditasi dengan baik dan sangat penuh dengan kebahagiaan psikis. Terimakasih.

Kesepahaman jingga dan senja dalam konteks bahasa dan gaya

Ya balik lagi ke konten jingga dan senja, kini perubahan yang keberapa dalam konsep dan konflik yang setara dengan kesepahaman jingga dan senja dengan konsep dan konflik yang sama. Dari sebuah kesenamaan jingga dan senja terdapat yang sama dan satu dengan kesinambungan yang hakiki dengan konsep dan konflik yang samasekali memiliki kesamaan dengan konsep dan konflik jingga dan senja.

Kini konsep dan konflik yang memperhatikan perubahan yang beribu jingga dan senja sama dengan konsep dan konflik yang memahami akan adanya kebersamaan diantara kedua anak manusia ini.

Dalam kebersamaannya jingga dan senja sama dengan konsep dan konflik akan keberagaman yang hakiki dengan kesepahaman oleh perubahan yang setara dan kental dengan percintaan. Kini konsep dan konflik akan hadirnya jingga dan senja kedua sama dengan kesepahaman akan hadirnya keseruan keseruan yang memiliki kesepahaman akan konsep dan konflik yang setara dengan kebijakan yang sama dan setara. Kini perubahan nama dan perubahan tempat menjadi kekuatan yang sangat penuh dengan kepastian akan jingga dan senja yang abadi.

Dalam konsep dan konteks yang hakiki sejalan dengan perubahan akan konsep dan konflik yang masih memiliki budaya dan abjad Yunani serta abjad Romavvi.

Ya dari mana juga konsep dan konteks ini, Amoris dan Putra sama sama menjadi bentuk kesetaraan akan hadirnya purnama keduabelas. Kini keseharian jingga dan senja sama dengan konsep dan konflik akan hadirnya malaikat jingga dan malaikat senja dengan konsep dan konflik yang sepadan.

Amoris : Kamu udah sarapan? 

Putra : Udah, jangan lupa mandi dan sarapan juga

Ya dalam keseharian yang mana lagi, mereka memang ditakdirkan bersama... Entah sekarang, kini, dan dimasa depan. Mereka memang ditakdirkan bersama selamanya.

Amoris : Kamu mau ngapain hari ini? aku paling di rumah aja. Kabarin kalo kita mau jalan.

Putra : Oh paling aku mau kerja hari ini, gimana kalo jalannya sabtu aja 

Itu lah sebatas drama yang kadang kesehariannya sama dengan konsep romeo dan juliet. Dalam kesepahaman juga terdapat kebijakan akan konsep seperti bahagia itu sederhana.

Ya dalam konsep yang bagaimana lagi sih, mereka emang sering bersama. Kadang saat libur pun Putra suka ngajak jalan kemana gitu. Paling mereka jalan jalan menghadapi hari hari yang dipenuhi dengan kadang bosan dan sebagainya. Ya mereka selalu jalan ke tempat tempat yang membahagiakan.

Entah kadang jalan ke rumah kakaknya Putra kadang jalan ke mall dan kadang ke taman atau tempat rekreasi yang biasa ada mainannya. 

Kini apalagi sih, mereka sekarang lagi berusaha membuat rumah tinggal untuk ditempati bersama. Ya meskipun masih susah dan mereka berjanji akan menikah dan mengarungi rumah tangga dengan sukacita.

Rumah Amoris dan Putra yang akan ditempati
 Kini mereka memang sangat mencintai. Ya keseriusan menjadi simbol yang ada pada pasangan ini, kini keberagaman sifat Putra dapat pula diterima oleh Amoris. Begitupun sebaliknya.

Ya kini keseharian mereka selalu bahagia, kesepahaman dan konsep mereka dari pertama memang meyakinkan, kini mereka memang cinta abadi. Cinta yang diisi dengan saling melengkapi dan berbagi. Untuk kesekian kalinya mereka pasti selalu kompak. Kini keseharian mereka memang sangat penuh dengan kehangatan akan kasih sayang. Ya mau bagaimana lagi keseharian mereka memang sangat berarti. Dalam keseharian mereka juga sama sekali terdiri dari kesepahaman sifat sifat. 

Kini mereka memang sama sama dengan kesenjangan akan bahagia yang tidak dimiliki pasangan lain.

Kini konsep dan konflik membuat hubungan mereka seperti asam manisnya air laut, kini mereka sudah menjadi pribadi yang lebih kuat, yang bisa menerima sifat sesama dan membuat semuanya bahagia seperti keabadian jingga dan senja.

Kini kesepahaman yang harus dan memiliki kesamaan dan keberagaman sifat sama dengan keseharian konsep jingga dan senja, kini perubahan dan kesepahaman antara cinta mereka berdua memang cocok dengan keseharian akan konsep dan konflik yang sama dan setara. Kini konsep jingga dan senja sama dengan keseharian antara konsep yang nyata akan cinta dua sejoli dan memiliki keterterikan akan konsep dan konflik yang menyatakan akan kebersamaan dan kebahagian mereka berdua. Kini mereka sama sama berjanji untuk terus bersama dan terus berusaha untuk mengembangkan karir berdua dan melaksanakan apapun berdua, entah dalam posisi yang sulit maupun saat bahagia. Mereka memang harus bersama dengan konsep dan konflik yang sama dengan konsep serta konflik yang saat ini menjadi bentuk keseharian yang sama dengan konsep akan kehadiran jingga dan senja keduabelas. Kini perubahan yang setara dengan kebersamaan jingga dan senja sama dengan konsep dan konteks yang memiliki kesamaan dengan perubahan perubahan sifat dan tempat yang memiliki kesamaan dengan konsep tabula rasa pertama sampe akhir. Kini konsep dan konflik yang menyatakan mereka akan selalu bersama memang benar. Kapanpun mereka butuh mereka selalu mencari, dan melengkapi satu sama lainnya. Kini mereka memang selamanya akan bersama dan akan terus bersama sampai akhir hayat.

Kini keseharian mereka sama sama penuh dengan kebahagiaan dan kebersamaan akan cinta mereka berdua. Dalam konsep dan konflik tabula rasa memang adanya keseharian mereka yang selalu bersama membuat keduaorangtua mereka merestui dan akan mendukung usaha usaha yang mereka kerjakan bersama.

Kini dalam kesepahaman yang nyata juga, terjadi penuh dengan konsep dan konflik yang menandai adanya keseriusan yang hakiki dalam hubungan keduanya. Ya mereka memang sama sama penuh dengan keseriusan, kebahagiaan, sukacita akan kehidupan dan banyak lagi yang menjadikan mereka pasangan yang sangat dikagumi, oleh orang terdekat Putra maupun Amoris.

Amoris : Kamu jangan lupa shalat, aku lagi diluar

Putra : Ya cinta, hati hati. Kalo udah sampe rumah kabarin.

Begitulah drama keseharian mereka. Yang satu mengalah dan yang satu menerima. Ya mereka harus selalu bersama dan bersama. Kini kemana dan tujuan apa mereka selalu serasi. Udah sekitar lima tahun mereka menjalin asmara. Dan akan di teruskan dengan gerbang pernikahan.

Kini matahari jingga dan senja membuat peradaban yang baru. Ada mereka berdua yang akan mengikat janji setia bersama. Tak habis kapan pula sebuah konsep pernikahan ini, yang pasti segala orang orang di sekitar mereka merestui dan mendukung hubungan mereka.

Amoris : Kini ku sadar, Putra Reinhard memang menyayanginya.

Ya itu adalah pikiran dan perasaannya. Makin ke sini, memang hubungan keduanya sudah masuk ke dalam gerbang keseriusan. Yang saat apapun dan dimanapun mereka selalu berkomunikasi. Udah memang konsep tabula rasa memang sejalan dengan keseharian mereka. Kini mereka menikmati setiap harinya. Setiap detiknya mereka menikmati kebersamaan dan hubungan mereka.

Amoris : Ku  udah sampe rumah.

Putra : Yaudah istirahat dulu, mandi kalo perlu. Selalu sayang kamu.

Begitulah drama keseharian mereka. Kadang mereka chattingan kadang sering nelpon. Ya begitulah komunikasi mereka berdua.

Kini sehari hari makin membuktikan akan cinta mereka yang abadi. Mereka selalu melengkapi, tak sedikit hal yang kadang memberikan dan membuat kebahagiaan maupun kekesalan sesekali.

Ya mereka menjalani dengan nikmat dan penuh dengan kebahagiaan. Kini sudah terbukti mereka memang pasangan abadi, kini mereka sudah menjalin hubungan lebih lama dengan keseharian Putra yang bekerja. Dan Amoris yang kadang kerja setengah hari kadang menekuni hobinya itu.

Ya mereka memang pasangan yang sejati dan abadi.

 

Dalam kebijakan jingga dan senja dalam konsep Tabula Rasa

Kini sang matahari jingga dan senja muncul lagi ke permukaan, dengan sedikit sentuhan memiliki kesamaan dengan tabula rasa yang menjadi konsep yang sama. Ya dalam kebijakan yang mana lagi serupa dengan konsep dan konflik yang memencakkan akan hadirnya purnama dan bulan sabit yang pertama. Kini perubahan jingga dan senja sama dengan keseharian yang samasekali memiliki kesamaan dengan keseharian jingga dan senja, kini perubahan yang sama dengan kesinambungan terdiri dari keberagaman yang sama. Kini perubahan konsep dan konteks jingga dan senja memiliki kesamaan dengan kepemilikikan sebuah matahari jingga dan senja.

Kini sang matahari memaparkan keanekaragaman yang sama lagi dan lagi. Sementara cerita mereka di bekukan dahulu, kini perubahan yang sama dengan tabula rasa sama dengan kebijakan yang sama dan setara. Dan dari perubahan yang keberapa jingga dan senja sama dengan keseharian yang setara. Kini perubahan nama dan perubahan tempat sama dengan keseharian yang terdiri dari kebijakan jingga dan senja dengan kesinambungan yang setara. Lebih dari itu kebijakan jingga dan senja sama dengan kesinambungan yang setara dengan keseharian jingga dan senja. Kini perubahan nama dan perubahan tempat sama dengan kebijakan yang sama dan setara. Konsep dari perubahan. Terdiri dari kebijakan yang sama dan keseharian itu sama dengan perubahan nama dan perubahan tempat dengan konsep dan konflik yang memiliki kesamaan dengan kebijakan yang setara dengan konsep dan konflik yang sama dengan kebijakan yang setara dengan perubahan nama dan perubahan tempat dengan konsep dan konflik, akan kesepahaman jingga dan senja sama dengan konsep dan konflik yang memiliki kebijakan yang setara dengan keberpihakan dua anak ini.

Ya kini dalam konsep dan konteks yang mana sih, perubahan nama dan perubahan tempat sama dengan kebijakan yang terdiri dari konsep dan konteks yang sama dengan perubahan akan kebijakan nama dan kebijakan tempat. Kini mereka berjalan dalam lingkar luar yang memasuki ruang lingkup hidup masing masing. Kata siapa sebuah keaslian akan cinta mereka sama dengan konsep dan konflik yang menandai adanya kebersamaan dan kecintaan mereka pada masing masing individu dan kecintaan pada yang Esa.