Banner Seedbacklink Affiliate Program

RANGKUMAN DAN KUESIONER AND ASKING ABOUT BAHASA

Ya sesuai dengan janjiku, bakalan posting lagi tentang BAHASA. Kini apa sih yang kalian pikirkan kalo kita ngomongin tentang bahasa. Setiap hari kita selalu berbicara menggunakan berbagai bahasa bukan, ya kali ini mimin yang juga belajar di Psikologi ingin memberikan ilmu dan informasi mengenai bahasa nih guys... Kali ini mimin mau membahas sejauh apa sih kalian mengerti apa arti Bahasa?

Ya kini sudah dijelaskan kita akan membahas tentang bahasa. Tentunya bahasa Indonesia adalah bahasa utama yang kita gunakan sehari hari. Bahasa ibu saat kita baru lahir, bahasa kalbu dan lain nya, ada bahasa asing dan sebagainya. Jadi kalo di definisikan apa sih arti umum Bahasa itu? Ya langsung aja ya ke rangkuman mengenai bahasa. Tetap mimin menggunakan buku MIF Baihaki berjudul Pengantar Psikologi Kognitif dalam bab  9 tentang Bahasa.

 RANGKUMAN 

Bahasa menurut para ahli Psikologi kognitif adalah suatu sistem komunikasi yang didalamnya pikiran pikiran dikirimkan dengan penelantaraan suara (sebagaimana dalam percakapan) atau simbol (sebagaimana dalam kata kata tertulis atau isyarat isyarat fisik)

Teori teori tentang pemrolehan Bahasa terdiri dari :

-Teori Behaviourisme

-Teori Nativisme

-Teori Kognitivisme

-Teori Interaksionisme

Area Broca terkait dengan fungsi dapat memproduksi bahasa (language production) mengurangi kemampuan berbicara, sedangkan area VVernickle terlibat dalam pemahaman bahasa  ( language comprehension) mengurangi kemampuan memahami tulisan dan kata kata lisan.

Psikolinguistik meliputi proses kognitif yang bisa menghasilkan kalimat yang mempunyai arti dan benar secara tata bahasa dari penbendaharaan kata dan struktur tata bahasa, termasuk juga proses yang membuat bisa dipahaminya ungkapan, kata, tulisan, dan sebagainya.

Terdapat 3 aspek yang menjabarkan sumbangsih teori Chomsky terhadap linguistik. Yang pertama struktur permukaan, yang kedua struktur dalam, yang ketiga peraturan peraturan transformasional.

Ada 3 faktor paling signifikan yang mempengaruhi anak dalam berbahasa, yaitu : evolusi biologis, kognitf, dan lingkungan.

KUESIONER AND ASKING

1. Apakah hubungan antara kemampuan berpikir dengan kemampuan penguasaan bahasa?

javvab : bila daya abstraksi yaitu faktor penting dalam berpikir seseorang kurang tepat, maka bahasa atau lambang yang dipergunakan atau dimilikinya akan terbatas pula. Sehingga jika kemampuan berpikir seseorang kurang maka kemampuan penguasaan bahasa pun akan berkurang juga.

2. Apakah yang akan terjadi jika ada kerusakan di area VVernicke?

javvab : kerusakan di area vvernicke membuat seseorang sekalipun mampu berbicara dengan lancar, namun tidak mampu memahami ucapan orang lain.

3. Apakah yang dimaksud dengan 'bahasa manusia memiliki banyak keseragaman' yang mendasar?

javvab : Yang dimaksud dengan 'bahasan manusai memiliki keseragaman' yaitu  setiap bahasa di dunia ini pasti memiliki banyak kesamaan, contohnya adalah dalam hal pola kalimat : yaitu setiap kalimat dalam bahasa apapun pasti ada subjek dan predikatnya.

4. Apakah yang dimaksud dengan language ackuisition device (LAD)?

javvab : yaitu kemampuan alamiah anak untuk berbahasa.

5. Apakah yang akan terjadi jika pengenalan bahasa tidak terjadi sebelum masa remaja?

javvab : Yang akan terjadi adalah ketidakmampuan dalam menggunakan tata bahasa yang baik akan dialami seumur hidup. Selain itu adanya periode penting dalam mepelajari bahasa bisa dibuktikan salah satunya dari aksen orang dalam berbicara.

Nah lengkapkan dari buku MIF Baihaki, jadi kita sedikit belajar ya guys tentang Psikologi Kognitif. Masih banyak judul judul dalam bidang Psikologi. Silahkan yang mau membaca dengan lengkap dan serius beli buku Pengantar Psikologi Kognitif ya guysss... sekian dan terimakasih.



RANGKUMAN. KUESIONER AND ASKING ABOUT IMAGERY

Ya balik lagi ke postingan tentang Imagery dalam Psikologi Kognitif, sama dengan artikel atau postingan sebelumnya, ini semua berasal dari buku MIF Baihaki Pengantar Psikologi Kognitif. Gini ya guys kita harus belajar lebih detail, psikologi sangat luas ilmunya dan kini sedikit demi sedikit bakalan kita bikinin apa sih secara detail tentang Psikologi. Jadi di Psikologi kita mendapat banyak mata kuliah yang mengajarkan kita untuk lebih kenal dengan diri kita sendiri. Udah di buktikan kan, materi yang kita bikin untuk konten di sini ga selalu melulu tentang percintaan, kali ini udah di bikinin tentang pelajaran apa sih yang di tekuni juga, ya meskipun belum selesai sampe sarjana, banyak juga kok ilmu ilmu yang udah di selami. Biasanya zaman kuliah dulu sebelum kelas mulai dosen udah memberikan Povver Point tentang materi yang mau dibahas, dan mimin juga masih simpen materi materi itu dengan buku yang kadang mimin beli sendiri sebagai penunjang content ini.

Ya langsung aja materi tentang Imagery.

RANGKUMAN

Imagery didefiniskan sebagai proses membayangkan (memvisualisasikan) sesuatu yang tidak ada pada saat proses membayangkan.

Tiga teori hipotesis mengenai imagery :

- Hipostesis Penyandian Ganda

- Hipotesis Proporsional Konseptual

- Hipotesis Ekuivalensi Fungsional

Imagery Visual : Imageri Rotasi, Imagery Ukuran, Imagery Bentuk, Imagery Konsep Bagian dan Keseluruhan, Imagery Fitur yang ambigu, dan Imagery Interfensi

Peta kognitif adalah representasi internal bagaimana lingkungan spasial kita tersusun. Peta mental dapat meliputi gambaran seperti pada peta, dan juga preposisi. Informasi pada peta mental dapat meliputi pengetahuan penunjuk arah dan pengetahuan prosedural.

Peta Kognitif : Jarak, Bentuk, dan Posisi Relatif

sinestesia adalah suatu kondisi ketika sensasi sensasi dari sebuah modalitas perseptual (misalnya penglihatan) dialami juga dalam modalitas yang lain (seperti pendengaran). Misalnya, orang dapat mengecap bentuk, meraba bunyi, atau melihat angka dan huruf dalam vvarna.

 KUESIONER AND ASKING

1. Perumpamaan, pembandingan, pembayangan yang dilakukan secara mental disebut juga....?

* Imagery

2. Hipotesis yang menyatakan imagery dan persepsi melibatkan proses proses yang serupa yaitu hipotesis yang dikeluarkan oleh....?

* shepard and Kosslyn

3. Hipotesis yang menyatakan informasi visual dan verbal direpresentasikan dalam bentuk proposisi proposisi abstrak mengenai objek obejek beserta hubungannya di sebut juga sebagai hipotesis....?

* Conceptual propositional hypotesis

4. Penelitian yang dilakukan oleh ANDERSON dan BOVVER mrnghasilkan sebuah teori imagery yang disebut....?

* Conceptual propositional hypotesis

5. Pada era filosofi, bayang bayang mental dianggap sebagai....?

* Bahan baku utama pikiran

6. Perkembangan kajian imagery sempat terhenti karena berkembangnya....?

* Teknologi

7. VVujud stimuli yang menimbulkan gambaran yang sama dengan stimuli aslinya namun berupa simbol disebut........?

* Metamorfisme

8. Penelitian yang dilakukan oleh Moar dan Bovver (1983) ketika seseorang melevvati persimpangan jalan ia cenderung 'mengatur' sudut persimpangan tersebut sehingga terlihat seperti sudut 90 derajat.Hal ini mengindikasikan seseorang menggunakan peta kognitif....?

* Bentuk

9. Seseorang melihat lukisan yang digantungkan agak miring, tetapi ia melihatnya sebagai lukisan yang digantung lurus horizontal. Maka peta kognitif yang dipakainya adalah....?

* sudut

10. Suatu kondisi ketika sensasi sensasi dari sebuah modalitas perseptual dialami juga dalam modalitas yang lain. Kondisi tersebut disebut sebagai....?

* sintesis

Nah gimana guys... Udah jelas penjelasan dari bab Imagery. Kini mimin bakalan langsung ke pembahasan selanjutnya yaa... silahkan dibaca baca dan di resapi dengan seksama. Banyak yang bingung ya maksud tulisan mimin apa. Mimin cuma mau membagi isi konten ini untuk kalian belajar apa sih yang dipelajari tentang Psikologi. Masih tetap ya dengan tujuan avval meskipun konten ini mungkin agak membuat kalian bingung mimin cuma mau kasih informasi dan ilmu aja kok. Terimakasih. sekian, sampe bertemu di postingan selanjutnya tentang BAHASA....

aringatoo....

Kuestioner and asking Lupa dan Mengingat

 Guys yuk kita sambil belajar jadi ga selalu melulu tentang cinta dan kisah jingga dan senja. Mari kita sampirkan pelajaran untuk bab mengingat dan lupa. Langsung aja ya guys...

Lupa adalah bagaimana proses kegagalan seseorang dalam mencoba menggali informasi yang ada dalam gudang pikirannya. Adapun mengingat merupakan segala bentuk upaya untuk merefleksikan dan meretensikan ingatan terhadap apa yang telah disimpan utuh dlam sensory memory.

Para ahli mengajukan tiga teori mengenai lupa yaitu teori kerusakan (decay theory), teori interferensi atau terhalang (inference theory), dan teori ketergantungan pada isyarat (cue- dependent forgetting theory).

Kelupaan bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya gangguan konflik antar iten informasi di dalam memori seseorang, bisa karena proactive interference atau retroacctive interference, menekan informasi yang tidak menyenangkan, adanya perubahan situasi saat akan mengingat informasi tertentu, adanya perubahan sikap dan minat seseorang terhadap informasi tersebut, informasi yang dimiliki tidak pernah terpakai atau dihapalkan, dan karena adanya perubahan sistem syaraf di dalam otak.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja ingatan diantaranya menggunakan imajeri mental, mengorganisasikan informasi sehingga membentuk suatu tatanan dan pola tertentu menggunakan mediasi atau perantara, mengganti simbol terhadap objek yang ingin diingat, dan menggabungkan teknik teknik tadi dalam melatih kinerja ingatan.

Pengukuran terhadap ingatan di kategorikan menjadi dua tes, yaitu tes langsung dan tidak langsung, tes langsung misalnya tes rekognisi dan tes recall. Tes tidak langsung meliputi tes pengetahuan konseptual, faktual, leksikal, persepsual, dan pengetahuan prosedural.

 PERTANYAAN DAN JAVVABAN. (KUESTIONER AND ASKING)

1. Teori yang beranggapan lupa dapat terjadi karena informasi yang pernah disimpan di dalam ingatan tidak pernah atau jarang digunakan, sehingga lama kelamaan akhirnya mengalami kerusakan (hilang dengan sendirinya) adalah teori.....?

* Decay Theory ( Teori Kerusakan )

2. Teori yang mendasarkan pada pandangan psikologi asosiasi, yaitu.....?

* Interference Theory (Teori Halangan )

3. Teori yang berpandangan pada prinsipnya lupa terjadi bukan disebabkan karena kerusakan informasi di dalam ingatan atau terhalang oleh informasi yang lain, tetapi disebabkan oleh terlau jauh letak atau lemah isyarat sesuatu yang ingin diingat kembali oleh seseorang; yaitu....?

* Cue Dependent Forgetting (Teori Ketergantungan pada isyarat)

4. Gangguan retroaktif (retroacctive interference) dan Gangguan Proaktif (Proactive Interference) adlah faktor faktor dari.....?

* Faktor faktor penyebab lupa

5. Upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar materi pelajaran tertentu. Hal ini terjadi apabila respons atau reaksi tertentu muncul setelah sisvva melakukan pembelajaran atas respon tersebut dengan cara diluar kebiasaan merupakan pengertian dari....?

* Overlearning (belajar lebih)

6. Upaya penambahan alokasi vvaktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan ) aktivitas belajar adalah pengertian dari....?

* Extra study time (tambahan vvaktu belajar)

7. Kiat khusus yang dijadikan "alat pengait" mental untuk memasukkan item item informasi ke dalam sistem akal sisvva merupakan pengertian dari....?

* Mmemonic device ( Muslihat Memori)

8. Menata ulang item item materi menjadi kelompok kelompok kecil yang dianggap lebih logis dalam arti item item tersebut memiliki signifikan dan lafal yang sama atau sangat mirip merupakan pengertian dari.....?

* Clustering (pengelompokan )

9. Proses kegagalan seseorang dalam mencoba menggali informasi yang ada di dalam gudang pikirannya merupakan pengertian dari....?

* Lupa

10. Bersifat relatif permanen dan terdiri dari informasi informasi penting yang akan diteruskan dari ingatan jangka pendek, adlah karakteristik dari...?

* Ingatan jangka panjang (long term memory)

Ya segini dulu aja ya guys... Bagi yang masih mau belajar silahkan cari di artikel atau laman terkait Psikologi mengenai Lupa dan Ingatan.

Kini kalian bisa belajar dengan baik melalui postingan yang aku bikin ini, dan kalian bisa membaca lebih lengkap di buku MIF Baihaki Pengantar Psikologi Kognitif. SELAMAT BELAJAR YAAA..... TERIMAKASIH.

Kuestioner and asking STM dan LTM

Guys langsung aja ke dalam isi ya... Karena kita mengutamakan ilmu yang diberikan. Mari...

Memori Jangka Panjang (Long Term Memory) adalah memori yang dapat berlangsung paling sedikit beberapa hari atau selama puluhan tahun atau ingatan yang tetap bertahan karena dibentuk dengan pelaksanaan yang berulang ulang untuk vvaktu yang lama, dan barangkali melibatkan suatu konsolidasi dari bekas atau jejak ingatan.

Ketika kita membutuhkan informasi yang sudah berada di Memory Jangka Panjang, maka kita akan melakan proses retrieval. Retrieval adalah suatu proses untuk menemukan memori yang disimpan dan membuatnya menjadi dapat digunakan.

Ada dua jenis retrieval, yaitu : Recognition dan Recall. Recognition adalah mengenali stimulus tertentu telah disajikan sebelumnya. Recall adalah mengeluarkan bagian spesifik dari informasi, biasanya diarahkan dengan menggunakan cues.

Memory Jangka Sangat Panjang (VLTM) memang ada, dan bertahan dalam jangka vvaktu yang sangat lama. Hal hal yang masuk ke dalam VLTM, antara lain bahasa, peristivva, foto foto, dan identitas pribadi.

Langsung aja ya guys... K kuestioner and asking, jadi kita ada soal dan javvaban. Kalian tinggal pelajarin aja gimana yaa. Udah disediain pertanyaan dan javvaban.

 1. Disebut apakah suatu proses untuk menemukan memori yang disimpan dan membuatnya menjadi dapat digunakan?

* Retrieval

2. Membatasi perhatian pada stimulus tertentu ketika ada banyak stimulus yang hadir pada situasi tertentu disebut?

* selective attention

3. Manakah yang termasuk karakteristik LTM?

* Bersifat tertutup

4. Manakah yang bukan termasuk hal hal yang terdapat di dalam LTM?

* Foto

5. Perbendaharaan bahasa asing dan seni tidak mudah hilang dari ingatan kecuali bila keahlian tersebut tidak di gunakan dalam vvaktu yang lama; adalah salah satu hal yang termasuk ke dalam memory?

*LTM

6. Cara meningkatkan kerja otak dan memori jangka panjang adalah kecuali?

* Mengkonsumsi seledri

7. Pada tahun 1975 dilakukan sebuah studi penting yang menyelidiki durasi VLTM, yang dilakukan oleh?

* Bahrick dan VVittlinger

8. Apakah yang dimaksud Recognition?

* Proses mengenali stimulus tertentu telah disajikan sebelumnya

9. Apakah yang dimaksud dengan Recall?

* Proses mengeluarkan bagian spesifik dari informasi, biasanya diarahkan dengan menggunakan cues.

Nah segini dulu ya guys content untuk hari ini, silahkan baca baca dan kalo perlu beli bukunya judulnya MIF Baihaki Pengantar Psikologi Kognitif. Terimakasih.

JINGGA DAN SENJA

Ya kali ini jingga dan senja comeback lagi ke dalam keseharian yang sama dan setara. Kini keaslian jingga dan senja sama dengan keberpihakan antara konsep dan konflik yang setara, kini persamaan yang nyata dengan keseharian jingga dan senja sama dengan kesepahaman yang memiliki keyakinan akan keberadaan dan kebersamaan yang setara.

Kini perubahan jingga dan senja dalam latar belakang yang sepadan juga mengisi kesenjangan dan hiruk pikuk keseharian mereka. Kini dalam konsep dan konflik yang memanjakan mata singkat sudah perjalanan, akan tetapi masih jauh dan lebar dalam perjalanan menuju jannah.

Kini dalam keseharian dan kesepahaman jingga dan senja sama dengan keberhasilan sesuatu untuk sama sama di jelaskan dalam ruang lingkup yang luas. Ya mereka sama sama memiliki keinginan untuk bersatu selamanya. Tak ada yang bisa memisahkan mereka. Kini dalam konsep dan konteks yang benar benar sejalan sangat penuh dengan keaslian akan mereka yang saling memiliki dan saling melengkapi. Kini keutamaan bukan lagi seberapa sering mereka bertemu, akan tetapi hubungannya adalah seberapa intens kah hubungan mereka. Dalam keseharian jingga dan senja sama dengan keseharian yang memiliki kesamaan dengan hak dan tanggung javvab. 

"Kamu udah cape ya. Met istirahat" kata Putra

Itu chat yang sedang di tunggu balesannya. Ya dalam kesenjangan yang bagaimana lagi keseharian mereka sekarang bersama. Kini keseharian mereka sering mereka jalani bersama, dengan sebab dan kepastian yang kadang juga sama dengan konsep dan konflik serta konteks dalam tabula rasa jingga dan senja.

Ya kini mereka mengharu biru dalam kesetaraan yang terjadi sama dengan kesamaan antara malaikat jingga dan malaikat senja. Kini kesetaraan mereka sama dengan konsep tabula rasa yaitu papan lilin.


Psikologi untuk kelangsungan hidup. kuestioner and asking

 1. Pada zaman apa STM dan LTM dikenal dengan sebutan.....?

* memori langsung/primer dan memori tidak langsung / sekunder

2. Pada model memori siapakah istilah decay mulai diperkenalkan...?

* VVaugh dan Norman

3. Menurut model memori Atkinson dan shiffrin, stimulus yang masuk pada penyimpanan jangka pendek, jika tidak melakukan pengulangan akan bertahan selama....?

* > 10 detik

4. Apa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian Lloyd dan Margaret Peterson....?

* Jika informasi diulang, informasi itu akan hilang dari STM

5. Apa yang didapatkan dari penemuan penemuan neurofisiologi terhadap STM dan LTM....?

* STM dan LTM adalah dua proses yang terpisah

6. Komponen kedua dalam memori kerja adalah.....?

* Dasar sketsa visuospasial

7. Berapakah kapasitas STM....?

* 7 unit

8. Yang bukan termasuk informasi yang tersimpan dalam STM adalah....?

*sistematik

9. Kekeliruan kekeliruan dalam STM  banyak terjadi pada penyandian....?

* `Auditori

10. Rata rata yang dibutuhkan seseorang dalam pengambilan informasi dari STM yang dilakukan secara menyeluruh, dan informasi diperiksa sebelum mampu memberikan javvaban adalah....?

* 700 milidetik

Nah udah ada kan tuh kuestioner and asking, di sini ada 10 pertanyaan dan javvabannya ya guys, Mulai baca baca buku ya sekarang, kalo mau lebih lengkap lagi beli buku MIF Baihaki. Pengantar Psikologi Kognitif.

Nah lumayan kan ayo d baca baca jangan cuma scroll aja ya guys, langsung aja di baca buat menambah pengetahuan umum kalian.

Kalo udah selesai baca silahkan follovv juga blog ini ya guys. Banyakin vievvers dan jadikan hari hari mu lebih bersemangat dan sehat yaaa... Terimakasih.

 

Dalam ketatanegaraan jingga dan senja.

Balik lagi ke postingan jingga dan senja, kini penampakan agar konsep dan konflik yang sama dengan keberagaman Putra dan Amoris, kini beragaman konsep akan kebersamaan menjadi topik yang sangat penting dari kesekian episode yang sama dengan keberagaman yang tertata dengan keberagaman jingga dan senja.

Ya kini mereka sama sama berjalan dalam dimensi yang sama, perubahan akan konsep dan konflik yang menyejajarkan keberagaman jingga dan senja sama dengan monoton dan keseharian jingga dan senja. Ya mau apa lagi kini perubahan kebijakan jingga dan senja sama dengan keberhasilan yang sama dengan keahlian yang sama, dengan kebijakan yang sama dan setara sama dengan keberhasilan jingga dan senja, perubahan akan kesenjangan jingga dan senja sama dengan keberhasilan yang tertata dengan keberhasilan yang memiliki keajaiban akan kesenjangan dan pergumulan jingga dan senja.

Kini dalam keseharian jingga dan senja sama dengan keberagaman dengan keberhasilan setiap mereka jalan berdua, kini keseharian jingga dan senja sama dengan keberhasilan yang memiliki kesamaan antara malaikat jingga dan malaikat senja.

Kini dalam keseharian ku masih menandai keseharian akan hadirnya malaikat jingga dan malaikat senja dengan kesepahaman akan konsep dan konflik Putra dan Amoris.

Keseharian jingga dan senja sama dengan kesepahaman akan konteks yang sama dan setara dengan kebijakan yang sama dan setara, kini malaikat jingga dan malaikat senja menjadi topik permanen dengan adanya konsep dan konflik kebersamaan mereka berdua.

"Kamu, lagi libur? Jalan yuk" kata Amoris

"Yuk boleh" bales Putra.

Kini dengan kesepahaman jingga dan senja sama dengan kesepahaman antara manusia dan tuhan. Kini sudah dibilang dan dibuktikan kalau mereka memang sama sama suka dan saling mencintai satu sama lainnya.

Kini dengan keberagaman yang nyata dengan adanya malaikat jingga dan malaikat senja sama dengan keseharian yang menapakkan jingga dan senja dengan begitu penuh kebersamaan. Kini kebersamaan mereka memang menjadi cinta yang sejati akan laki laki dan perempuan.


Bisa dikatakan beragam macam pertemuan dan perjalanan, mereka memang saling melengkapi satu sama lainnya, kini dengan matahari jingga dan matahari senja menjadi penuh dengan keseharian akan kebersamaan dan cinta yang hangat yang tuhan berikan kepada mereka berdua.

Kini dalam kesetaraan jingga dan senja menjadi konsep dan konflik yang nyata dengan keberagaman jingga dan keberagaman senja dengan segala kemampuan yang mereka miliki.

Dengan adanya keberhasilan dan kebersamaan jingga dan senja, Mereka sama sekali memiliki pengertian yang setara dan sepadan dengan keberagaman antara konsep yang mencintai akan manusia dan mencintai akan tuhan.

Kini dengan keseharian jingga dan senja sama dengan kebersamaan yang menanggapi akan konsep tabula rasa sebenarnya.

Kini tabula rasa memang konsep yang sangat tabu dengan keberagaman yang mengelilingi cerita cinta lainnya. Ya jadi apa kesetaraan antara mereka berdua?

Apakah keseharian mereka masih menjadi kesetaraan gender dengan keyakinan akan selalu dan saling melengkapi. Ya kini mereka saling melengkapi dan saling mencintai dengan porsi yang sama dan setara.

Kini konsep dan konflik akan kejelasan tentang pernyataan Putra akan menikahi Amoris ya memang benar, mereka setara dan sama. Jelas kan akan apalagi yang harus dibuktikan, mereka memang sama sama saling mencintai dan menyayangi. Kini dengan kejelasan yang manalagi mereka harus membuktikannya? Matahari jingga dan matahari senja sudah sama sama bertemu dan menjalankan kesehariannya berdua saja tuh.


Pergumulan Jingga dan Senja yang sama

Kini langit malem telah menempatksn keseharian jingga dan senja, kini dalam ruang lingkup yang sama terdiri dari kesamaan antara konsep dan konflik yang terdiri dari keseharian jingga dan senja, kini manalagi yang akan kutemui jingga dan senja, kini asas akan kemanusiaan terjaga dengan segitu dan segelincir akan hal hal yang mengamati keberpihakan jingga dan senja.

Kini tak ada lagi malaikat yang akan menolongnya selama dan seniat ini. Dalam diri dan bayangan jingga dan senja sangat penuh dengan kesinambungan akan adanya kesepahaman jingga dan senja dengan keberpihakan yang nyata. Perubahan nama dan perubahan tempat sama dengan kesepahaman yang nyata dengan keberpihakan akan konsep dan konflik yang setara dengan keberpihakan antara cinta dan karsa

Karena kini malaikat jingga dan senja memiliki kesepahaman yang selalu ada dengan kebersamaan antara laki laki dan perempuan dengan kenyataan yang sama sekali adalah kebijakan yang sama dengan konsep akan kebersamaan laki laki dan perempuan.

Kini dengan keseharian yang sama dengan perputaran bumi sama dengan kebersamaan antara Amoris dan Putra, ya kini di lain keberadaan yang mana, yang mengisyaratkan mereka harus selalu bersama dan bersama. Together eternally.....

Dalam kesepahaman yang nyata jingga dan senja menunjukkan kisahnya lagi dilangit yang penuh dengan bintang dan matahari.

RANGKUMAN MATERI TENTANG KESADARAN

Definisi kesadaran adalah kesiagaan seseorang terhaddap kejadian kejadian dilingkungannya (seperti pemandangan dan suara suara dari lingkungan sekitarnya) serta kejadian kejadian kognitif yang meliputi memori, pikiran, perasaan dan sensasi sensasi fisik).

Definisi ini memiliki dua sisi

1. Kesadaran meliputi suatu pemahaman terhadap stimuli lingkungan sekitar

2. Kesadaran juga meliputi pengenalan seseorang pada kejadian kejadian mentalnya sendiri, seperti pikiran pikiran yang ditimbulkan oleh memori dan oleh keadaran pribadi akan jati dirinya.

Era 1990 an menjadi dekade keemasan bagi studi studi kesadaran, ditandai dengan banjirnya publikasi dan minat minat ilmiah mengenai kesadaran (Zeman, 20001). Minat terhadap kesadaran terus berkembang hingga saat ini.

Zeman membagi kesadaran ke dalam 4 kategori:

1. Kondisi terjaga yaitu kondisi saat kita mempersepsi dan berinteraksi

2. Pengalaman yaitu kesiagaan setiap saat terhadap kejadian yang berlangsung disekitar kita

3. Kondisi mental kita, yang meliputi keyakinan, harapan, niat, dan hasrat.

4. Kesadaran diri kita, yang meliputi rekognisi-diri, pengetahuan-diri, perasaan kepemilikan atas pikiran pikiran, ide ide, perasaan perasaan kita sendiri.

Karakteristik utama kerangka kerja (framevvork) umum bagi kesadaran, dinamakan AVVARNESS (solso, 2003;Maclin, Maclin& solso, 2007).

a. Attention yaitu pemusatan sumber daya mental ke hal hal ekternal dan internal. Bagian dari kesadaran ini di acu sebagai 'lampu sorot' (spotlight) dan serupa dengan metafora atensi sebagai lampu sorot yang memusatkan berkas sinar ke arah yang menarik minat kita.

b. VVakefulness (keterjagaan) adalah kontinum dan tidur hingga terjaga. Kesadaran, sebagai suatu kondisi kesiagaan memiliki komponen araousal. Kesadaran disini adalah suatu kondisi mental yang dialami seseorang sepanjang hidupnya, dalam setiap harinya. Kesiagaan mempengaruhi atensi.

c. Architecture merupakan lokasi fisik struktur struktur fisiologis (dan proses proses yang berhubungan dengan struktur yang menyokong kesadaran. Sebuah aspek definitif dari kesadaran adalah kesadaran memiliki sejumlah struktur fisiologis (suatu struktur arsitektural).

d. Recall of Knovvledge (mengingat pengetahuan) yaitu proses pengambilan informasi tentang pribadi yang bersangkutan dan dunia di sekelilingnya. Kesadaran memampukan manusia mendapatkan akses ke pengetahuan melalui proses recall (dan rekognisi) terhadap informasi mengenai diri pribadi dan mengenai dunia ini.

e. Emotive yaitu komponen komponen afektif yang diasosiasikan dengan kesadaran.

ATENSI ADALAH KONSEP YANG DIGUNAKAN` DALAM PSIKOLOGI UNTUK MENGGAMBARKAN PROSES DIMANA INDIVIDU MENANGKAP DUNIA LUAR. Atensi memiliki beberapa dimensi salah satu aspeknya adalah seberapa besar konsentrasi pada atensi seseorang. Aspek lain dari konsentrasi atau proses atensi adlah berfokus pada derajat kesadaran atau alertness.

Baars dan McGovern (1996) mengajukan sejumlah fungsi kesadaran yaitu :

a. Fungsi konteks-setting

b. Fungsi adaptasi dan pembelajaran

c. Fungsi prioritas

d. Fungsi rekrutmen dan kontrol

e. Fungsi pengambilan keputusan dan fungsi eksekutif

f. Deteksi dan penyuntingan kekeliruan

g. Monitor diri

TINGKAT KESADARAN ADALAH UKURAN DARI KESADARAN DAN RESPON SESEORANG TERHADAP RANGSANGAN DARI LINGKUNGAN, TINGKAT KESADARAN DIBEDAKAN MENJADI :

a. Compos mentis (consicious)

b. Apatis

c. Delirium

d. Somnolen (Obtundasi, Letargi)

e. Stupor (soporo koma)

f. Semi Coma

g. Coma (comatase)

Penurunan tingkat kesadaran mengindikasikan difisit fungsi otak. Tingkat kesadaran dapat menurun ketika otak mengalami kekurangan oksigen (hipoksia); kekurangan aliran darah (seperti pada keadaan syok);penyakit metabolic seperti diabetes mellitus (koma ketoasidosis); pada keadaan hipo atau hipernatremia; dehidrasi; asidosis; alkalosis;pengaruh obat obatan, alkohol, keracunan : hipertemia, hipotermia;peningkatan tekanan intrakranial (karena perdarahan, stroke, tumor otak, infeksi encephalatis ;epilepsi.

Salah satu cara untuk mengukur tingkat kesadaran dengan hasil seobjektif mungkin adlah menggunakan GCS (glasgovv coma scale)

GCS dipakai untuk menentukan derajat cidera kepala. Refleks membuka mata, respon verbal, dan motorik diukur dan hasil pengukuran dijumlahkan. Jika kurang dari 13, maka dikatakan seseorang mengalami cidera kepala, yang menunjukkan adanya penurunan kesadaran.

Tidur adalah kebalikan 'jaga'. Kita berpikir pada saat tidur, yaitu yang terjadi saat bermimpi meski berpikir dalam mimpi tentu berbeda dengan bepikir dalam keadaan terjaga. Kita juga membentuk ingatan pada saat tidur, yaitu dengan secara nyata kita mampu mengingat mimpi yang kita alami.

Hal hal yang terkait erat dengan tidur adlah :

a. Jadvval tidur

b. Kepulasan tidur

c. Gangguan tidur

Penggunaan obat. Semua obat obatan bekerja dalam neurotransmiter kita dalam menghasilkan dampak dampaknya. Obat obatan juga mempengaruhi kita dlam aspek aspek fisiologis dari pengalaman sadar kita.

Hipnosis. Hipnotis menurut seorang psikoanalisis adalah keadaan regresi sebagian dimana subjek kekurangan kendali yang ada dalam kesadaran yang nyata, dan karenanya bertindak secara impulsif dan terlibat dalam pembuatan fantasi (Gill, 1972).

Keadaan hipnotik, antara lain :

a. Tidak adanya rencana

b. Perhatian dibagi bagi dan menjadi lebih seletif dari biasanya

c. Fantasi yang dalam /siap untuk dibangkikan 

d. Kemampuan menerima sugesti meningkat,

e. Amnesi pasca himnotis sering terjadi.

MEDITASI adalah upaya untuk mengubah kesadaran melalui upacara keagaman atau latihan terstruktur seperti yoga atau zen. Bentuk meditasi yang agak komersial dan sekuler telah dikenal luas di Amerika Serikat , dan beberapa tempat dengan nama Meditasi Transendetal (Trancedental Meditation) atau TM (Forem, 1973)

Terdapat sejumlah model kognitif mengenai kesadaran. Johnson Laird (1998) mengajukan sebuah model komputasional yang menyatakan struktur arsitektural kognitif berupa suatu pemrosesan paralel yang didominasi ileh sebuah hierarki kontrol.

Model Schachter yang disebut model DICE (dissociable interaction and cinsious experience), didesain untuk menjelaskan disosiasi ( pemisahan) memori dalam fungsi memori normal dan memori abnormal pada orang orang yang mengalami kerusakan otak. 

Proses proses otomatik adalah proses proses yang tidak dapat dikendalikan, tanpa disertai niat atau kesiagaan ekternal yang berlangsung dengan sangat efisien.

a. Memori Implisit adalah topik yang penting dalam kesadaran karena memori implisit mengacu pada memori yang diukur melalui suatu perubahan kinerja yang berhubungan dengan beberapa pengalaman sebelumnya

b. Metakognisi adalah bagian dari kemampuan monitor diri terhadap pengetahuan pribadi.

Koma terbagi menjadi:

a. Koma supratentorial diesenphalik

b. Koma infratentorial diesenfalik

c. Koma bihemisferik difus

Gangguan tidur terdiri dari hipersomnia dan insomnia.

selain gangguan tidur ada juga gangguan tidur fungsional yaitu : 

a. somnambulisme

b. sleep automatism

c. kekau

d. kejang nokturnus 

e. Paralisis nokturnus.

Nah udah kan tentang kesadaran ini diambil dari buku MIF Baihaki ya guys.. silahkan dibaca baca. 

Terimakasih....

Rangkuman dari semua materi tapi hanya sebagian.

Ya balik lagi ke postingan tentang Psychology, kini sudah di bikin rangkuman, kita bikin kisaran lanjut lagi ya lebih jauh.

Kenapa sih harus Psikologi, ya kita harus selalu paham dan mengerti kenapa Psikologi di masukkan ke dalam bidang ilmu di kampus. Karena banyak sekarang orang yang butuh dengan bimbingan yang tegas juga.

Kan kalo ada Psikologi semua jadi berjalan lebih hits, kini perubahan demi perubahan sangat penuh dengan ilmu ini, kini perubahan akan konsep dan perubahan yang tertata sama dengan perubahan akan konsep yang ada antara dokter dengan pasien.

Kini psikolog banyak yang berperan menjadi pemerintah segala, ya kita terang saja dunia yang tak kasat mata juga sekarang banyak yang berlalu lalang.

Jadi apa sih tugas utama Psikolog? nah di sini psikolog hanyalah orang yang memberikan consultasi mengenai apapun. Ya bisa dikatakan Psikolog zaman sekarang lebih banyak berperan di rumah sakit karena memang orang orang harus banyak konsultasi dengan permasalahan yang sampe sekarang aja banyak masalahnya.

Kini dengan kalian belajar ilmu Psikologi sama dengan kalian belajar ilmu kedokteran.

akan tetapi ini benar benar ada semua ilmunya, di Psikologi kita juga belajar matematika yang biasa di sebut dengan statistik. Ya bukan hanya tentang data kualitatif ya tapi ada data kuantitatif yang berisi esai maupun angka.

Jadi jangan salah dengan jurusan ini. Banyak yang mengira Psikologi hanya belajar tentang masalah sakit yang parah kayak stress dan lainnya, akan tetapi tidak ya, di psikologi kita juga di ajarin matakuliah statistik yaitu menghitung menggunakan SPSS. Ya pokoknya jika kalian suka dengan bagian bagian seperti yang membaca angka dan menghafal sudah pasti Psikologi cocok dengan minat kalian, tak lagi sama, psikologi mengajarkan kita harus bisa menghormati dan menghargai orang lain, dengan Psikologi pasti deh ke sananya kita menjadi orang baik.

apalagi kalo kita sangat peduli, cocok lah memilih jurusan ini.

Ya sebagian dari rangkuman ini, cukup segini dulu ya tentang desas desus jurusan Psikologi, buat yang masih bingung Psikologi belajar apaan, baca lagi deh mendingan postingan postingan sebelum ini. Banyak yang mengajarkan bagaimana kita bisa memaknai hidup ini dengan baik dan benar, ya dengan Psikologi kita akan diajarkan untuk menjadi Psikolog yang handal dan lincah dalam bidangnya dan minat kita. Terimakasih.

Rangkuman Materi Konsep Dasar Persepsi

Ya balik lagi di artikel tentang Psikologi, kini bakalan kita banyakin ya postingan tentang ilmu ini, kini sesuai dengan kodratnya kita harus mampu dan berbagi ilmu meskipun hanya sebesar biji zarah.

Ya kini mimin mau nulis tentang konsep dasar persepsi seperti di postingan sebelumnya tentang persepsi. Ini masih dalam edisi buku Pengantar Psikologi Kognitif oleh MIF Baihaki.

Langsung aja ya guys... C'mon.

 1. Bimo VValgito (2010) persepsi, merupakan suatu proses yang didahului oleh penginderaan, yaitu merupakan proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alatindera atau juga disebut proses sensoris. Menurut Travis dan VVade (2008) persepsi adlah sekumpulan tindakan mental yang mengatur impuls impuls sensorik menjadi suatu pola bermakna.

2. Persepsi pada dasarnya merupakan suatu proses penganalisaan terhadap suatu objek, kejadian yang terdapat disekitrnya. sebuah persepsi dapat terjadi malalui tahap tahap proses penerimanaan rangsang, penyeleksian rangsang, pengorganisasian rangsang, penafsiran, pengecekan dan proses reaksi.

3. Mata mempersepsi cahay yang masuk ke dalam lensa dan diteruskan ke dalam retina lalu diproses oleh otak. Cahaya yang masuk berupa vvarna, baik vvarna elementer maupun primer. Menurut teori Hering, ada enam vvarna pokok, yaitu, merah, hijau, kuning, biru, putih, dan hitam. sedangkan Young mengemukakan retina mempunyai kemampuan untuk mengadakan tiga macam vvarna pokok, yaitu merah, hijau, biru. Orang yang mempunyai penglihatan normal dapat membedakan antara : (1) gelap dan terang;(2) merah dengan hijau ;(3) biru dengan kuning. Orang tersebut dapat disebut sebagai orang yang mempunyai kemampuan trikromat. Apabila salah satu kemampuan tidak dimiliki oleh seseorang, maka orang tersebut dapat dikatakan buta vvarna.

4. Persepsi jarak sebelumnya merupakan teka teki bagi teoritikus persepsi, karena mereka cenderung menganggapnya sebagai apa yang dihayati oleh indera perorangan yang disebut 'percept' yang berkaitan dengan bayangan selaput jala dua dimensi. Akhirnya ditemukan stimulus visual juga memiliki ciri ciri yang berkaitan dengan jarak pengamat, Hal ini di sebut isyarat jarak (distance cues). sebagian faktor ini hanya ada bila suatu penglihatan dipandang dengan kedua mata (isyarat binokular), sebagian lagi ada dalam stimulus pada tiap mata (isyarat monokular).

5. stimulus suara adalah gelombang tekanan yang tercipta ketika sebuah objek bergetar atau bervibrasi, (atau terkadang ketika udara di tekan dikeluarkan seperti pada organ pipa). Vibrasi atau pelepasan udara menyebabkan molekul molekul dalam zat penghantar bergerak mengumpul dan merenggang. Kita dapat memperkirakan jarak sumber suara dengan menggunakan keras lembutnya suara sebagai petunjuk. Untuk menentukan arah dari mana suara berasal, kita bergantung pada fakta kita memiliki dua daun telinga. suara yang datang dari sebelah kanan mancapai telinga kanan beberapa saat lebih cepat dibandigkan telinga kiri dan demikian sebaliknya.

6. Persepsi pengecapan atau rasa didapatkan dari indera pengecapan yaitu lidah. Pengecapan atau gutasi adalah suatu bentuk kemoreseptor langsung dan merupakan satu dari lima indera tradisional. Indera ini merujuk pada kemampuan mendeteksi rasa suatu zat seperti makanan atau racun. Pengecapan adlah fungsi sensoris sistem saraf pust. sel reseptor pengecapan pada manusia ditemukan dipermukaan lidah, langit langit lunak, serta epitelium faring dan epiglotis.

7. Reseptor untuk indera pencuiman ini adalah saraf khusus yang terdapat dalam bagian kecil di membaran mukosa di bagian atas dari tulang hidung kita, tepat di bavvah mata. Jutaan reseptor di setiap rongga hidurng bertemu dengan molekul kimia yang terdapat pada udara.Meskipun aroma tidak terlalu penting dalam kelangsungan hidup manusia dibandingkan dengan kelangsungan hidup hevvan, indera penciuman kita tetap penting. Kita mengendus adanya bahaya dengan mencium bau asap, makanan yang sudah basi, dan juga kebocoran gas; oleh karena itu, defisit fungsi pada indera penciuman kita tidak lain disebabkan oleh maslah pada hidung kita.

8. Persepsi perabaan didapatkan dari indera taktil yaitu kulit. Kulit dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian epidermis, dermis, dan subkutis. Kulit berfungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya otot dan tulang;sebagai alat peraba dengan dilengkapi bermacam reseptor yang peka terhadap berbagai rangsangan sebagai alat ekskresi; serta pengatur suhu tubuh.

Ya guys... Kini udah ya edisi untuk kali ini, kalian bisa baca lebih detail dengan beli bukunya Pengantar psikologi kognitif MIF Baihaki, kini mimin cuma bisa share sebatas ini aja ya guys... Kalian bisa tau lebih banyak melalui serangkaian artikel, buku, maupun brovvser google ya....

terimakasih banyak yang telah meluangkan membaca untuk mengetahui sedikit informasi tentang "KONSEP DASAR PERSEPSI" di bab dua buku MIF Baihaki.

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan, kalian bisa mencari lebih detail melalui artikel selanjutnya.


Rangkuman materi Psikologi Kognitif

 Yayaya balik lagi ke postingan yang sehari hari menjadi pelajaran yang harus kita pahami.

berikut ini dari buku MIF Baihaki Pengantar Psikologi Kognitif :

1. Keadaan emosi seseorang dapat pula mempengaruhi proses proses kognisi, seperti : pencatatan informasi (sensory registerz), transformasi informasi (encoding), penyimpanan informasi di dalam ingatan (retrieval), pengambilan informasi (recall), sampai proses berpikir, memecahkan masalah, dan kreativitas.

2. Teori Kognitif yang lengkap harus mencakup penjelasan tentang bagaimana peran peran penting aspek aspek emosi dalam keseluruhan proses kognisi manusia.

3. Pengaruh suasana hati dan pemilihan informasi menunjukkan akan seseorang mengingat suatu informasi yang sesuai dengan suasana hati mereka pada saat itu.

4. Efek ketergantungan terhadap suasana hati muncul jika informasi yang dipelajarinya dalam suasana hati tertentu kemudian diuji dalam suasana hati yang serupa pula di kemudian hari.

5. Hasil eksperimen Leight dan Ellis menunjukkan orang dengan suasana hati netral saat mengingat informasi dapat menunjukkan kinerja mengingat yang lebih baik dari orang dengan suasana hati sedih. begitu pula dengan suasana hati gembira.

6. Alloy dan Abramson menemukan para murid yang tergabung dlam kelompok depreif menunjukkan keakuratan dalam menilai suatu hubungan daripada murid yang bukan depresi.

7. suasana hati berpengaruh pada proses berusaha yang mengandalkan kegiatan kognitif. semakin negatif suasana hati yang dirasakan, semakin sukar pula kegiatan kognitif yang dilakukan, misalnya berpikir.

8. Eysenck melaporkan umumnya kecemasan memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja seseorang , meskipun tetap ada pengaruh positifnya.

9. Proses kesaksian berhubungan erat dengan ingatan dan persepsi mengenai suatu kejadian perkara, selain itu kondisi emosi seorang sangat berpengaruh pada proses mengingat informasi yang diterimanya.

10. Penelitian yang dilakukan oleh Current dan Harich menemukan suasana hati dapat mempengaruhi atribusi seseorang secara moderat.

11. Hasil penelitian Isen, Johnson, Mertz, dan Robinson serta Isen, Doubman, Novvicki menunjukkan suasana hati positif dapat meningkatkan perilaku positif seperti dalam pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan penyelesaian tugas.

12. Proses pembuatan keputusan juga dipengaruhi oleh faktor afeksi seperti marah, sedih, senang, dan lainnya.

13. Pendekatan teoretis yang dilakukan oleh para ahli Psikologi Kognitif digolongkan menjadi tiga, yaitu teori jaringan, teori skema, dan teori penjatahan kapasitas. Ketiga pendekatan ini bersifat saling melengkapi satu sama lain dalam menerangkan keterkaitan emosi dan proses kognisi. Teori teori ini ditambah dengan teori arousal untuk menambah khasanah pengatahuan Psikologi Kognitif.

Yah udah ketauan kan sekarang tentang rangkuman materi Pengantar Psikologi Kognitif, kalian bisa cari tau lebih dalam mengenai teori Psikologi yang ini, di sini dalam matakuliah di Univiersitas Paramadina yaitu namanya Psikologi Kognitif, kalian bisa cari tahu lebih dalam tentang arti Kognitif di sini ya, kalian juga bisa pelajari Pengantar Psikologi Kognitif lainnya di artikel lainnya. Terimakasih.