Kembali lagi dengan saya disini. Kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang psikologi organisasi. Pasti kalian udah bisa bayangkan lah yaa arti dari judulnya. Berhubungan dengan relasi deh pastinya. Jadi selain ilmu hitung-hitungan kita mendapat mata kuliah yang berhubungan dengan bagaimana kita berelasi dan membuat koneksi saat menjadi psikolog nantinya. Yaudah yuk langsung aja kita cari tau menurut wikipedia dan lainnya. Check this out!!!
👉Definisi psikologi organsisasi adalah :
Secara sederhana, psikologi organisasi mempelajari perilaku manusia di tempat kerja. Ini berfokus pada evaluasi dinamika individu, kelompok, dan organisasi dan menggunakan penelitian itu untuk mengidentifikasi solusi untuk masalah yang meningkatkan kesejahteraan dan kinerja organisasi dan karyawannya.
Psikologi organisasi terutama berkaitan dengan menyelaraskan kepentingan perusahaan dan kebutuhan tenaga kerjanya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kondisi karyawan untuk mencapai kinerja dan efisiensi yang luar biasa.
Psikolog organisasi mempelajari bagaimana keputusan dibuat, seberapa efektif komunikasi organisasi, dan bagaimana anggota tim berinteraksi dan berkolaborasi. Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan banyak lainnya membantu pemilik bisnis menilai di mana harus mengubah sistem dan dinamika untuk membuat bisnis mereka bekerja lebih baik.
👉Manfaat Psikologi Organisasi
Berikut beberapa manfaat psikologi organisasi baik bagi perusahaan maupun karyawan:
Untuk perusahaan
Menerapkan program psikologi organisasi
menawarkan banyak manfaat bagi perusahaan, karena merupakan bidang
psikologi yang berusaha menjaga kepentingan perusahaan dan karyawannya
secara bersama-sama dan menguntungkan. Selain itu, ia melakukan fungsi
konsiliasi antara keduanya.
Tujuan dari area ini adalah untuk mengusulkan strategi untuk memperkuat budaya organisasi. Ini berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang sehat, yang secara signifikan meningkatkan produktivitas dan komitmen karyawan. Oleh karena itu, ini akan menyiratkan pengurangan biaya pergantian dan proses perekrutan baru.
Untuk karyawan
Tugas yang dilakukan oleh psikologi
organisasi bertanggung jawab untuk membantu memecahkan masalah dengan
lebih efisien. Dalam banyak kesempatan, mereka bahkan mendapat bantuan
dari karyawan itu sendiri sehingga mereka merasa menjadi bagian dari
solusi.
Selain itu, area ini juga mencerminkan peningkatan kualitas hidup karyawan. Psikolog mencoba untuk mengetahui preferensi mereka dan mempromosikan langkah-langkah yang memungkinkan mereka untuk memilih rekonsiliasi yang lebih besar dengan kehidupan pribadi mereka, rencana karir, hubungan dengan rekan kerja mereka, dll, memungkinkan mereka untuk lebih nyaman dengan pekerjaan mereka.
Source article : mengenal-psikologi-organisasi-definisi-manfaat-alatnya/
Source picture : Psikologi Industri & Organisasi
Jadi gimana udah tau kan??? Itu kalian bisa baca linknya ya. Menurut saya psikologi organisasi ini sangat penting dalam mata kuliah yang baik mengambil fakultas psikologi. Karena kita akan diajarkan bagaimana berorganisasi yang baik dan benar. Gimana udah puas kah??? Kalo belum puas kalian bisa cari tau. Nilai saya dulu lumayan lah. Dan bisa serta lancar jika ada ujian dan tugas. Yaudah sekian dulu ya informasi mengenai psikologi organisasi. Sekian. Silahkan mampir ke postingan saya selanjutanya ataupun sebelumnya. Kalo bisa langganan aja pake akun google kalian tinggal klik follow dan kalian akan mendapatkan postingan langganana. Terimakasih banyak. 🙏
Tidak ada komentar:
Posting Komentar