Banner Seedbacklink Affiliate Program

RANGKUMAN DAN KUESIONER AND ASKING ABOUT BAHASA

Ya sesuai dengan janjiku, bakalan posting lagi tentang BAHASA. Kini apa sih yang kalian pikirkan kalo kita ngomongin tentang bahasa. Setiap hari kita selalu berbicara menggunakan berbagai bahasa bukan, ya kali ini mimin yang juga belajar di Psikologi ingin memberikan ilmu dan informasi mengenai bahasa nih guys... Kali ini mimin mau membahas sejauh apa sih kalian mengerti apa arti Bahasa?

Ya kini sudah dijelaskan kita akan membahas tentang bahasa. Tentunya bahasa Indonesia adalah bahasa utama yang kita gunakan sehari hari. Bahasa ibu saat kita baru lahir, bahasa kalbu dan lain nya, ada bahasa asing dan sebagainya. Jadi kalo di definisikan apa sih arti umum Bahasa itu? Ya langsung aja ya ke rangkuman mengenai bahasa. Tetap mimin menggunakan buku MIF Baihaki berjudul Pengantar Psikologi Kognitif dalam bab  9 tentang Bahasa.

 RANGKUMAN 

Bahasa menurut para ahli Psikologi kognitif adalah suatu sistem komunikasi yang didalamnya pikiran pikiran dikirimkan dengan penelantaraan suara (sebagaimana dalam percakapan) atau simbol (sebagaimana dalam kata kata tertulis atau isyarat isyarat fisik)

Teori teori tentang pemrolehan Bahasa terdiri dari :

-Teori Behaviourisme

-Teori Nativisme

-Teori Kognitivisme

-Teori Interaksionisme

Area Broca terkait dengan fungsi dapat memproduksi bahasa (language production) mengurangi kemampuan berbicara, sedangkan area VVernickle terlibat dalam pemahaman bahasa  ( language comprehension) mengurangi kemampuan memahami tulisan dan kata kata lisan.

Psikolinguistik meliputi proses kognitif yang bisa menghasilkan kalimat yang mempunyai arti dan benar secara tata bahasa dari penbendaharaan kata dan struktur tata bahasa, termasuk juga proses yang membuat bisa dipahaminya ungkapan, kata, tulisan, dan sebagainya.

Terdapat 3 aspek yang menjabarkan sumbangsih teori Chomsky terhadap linguistik. Yang pertama struktur permukaan, yang kedua struktur dalam, yang ketiga peraturan peraturan transformasional.

Ada 3 faktor paling signifikan yang mempengaruhi anak dalam berbahasa, yaitu : evolusi biologis, kognitf, dan lingkungan.

KUESIONER AND ASKING

1. Apakah hubungan antara kemampuan berpikir dengan kemampuan penguasaan bahasa?

javvab : bila daya abstraksi yaitu faktor penting dalam berpikir seseorang kurang tepat, maka bahasa atau lambang yang dipergunakan atau dimilikinya akan terbatas pula. Sehingga jika kemampuan berpikir seseorang kurang maka kemampuan penguasaan bahasa pun akan berkurang juga.

2. Apakah yang akan terjadi jika ada kerusakan di area VVernicke?

javvab : kerusakan di area vvernicke membuat seseorang sekalipun mampu berbicara dengan lancar, namun tidak mampu memahami ucapan orang lain.

3. Apakah yang dimaksud dengan 'bahasa manusia memiliki banyak keseragaman' yang mendasar?

javvab : Yang dimaksud dengan 'bahasan manusai memiliki keseragaman' yaitu  setiap bahasa di dunia ini pasti memiliki banyak kesamaan, contohnya adalah dalam hal pola kalimat : yaitu setiap kalimat dalam bahasa apapun pasti ada subjek dan predikatnya.

4. Apakah yang dimaksud dengan language ackuisition device (LAD)?

javvab : yaitu kemampuan alamiah anak untuk berbahasa.

5. Apakah yang akan terjadi jika pengenalan bahasa tidak terjadi sebelum masa remaja?

javvab : Yang akan terjadi adalah ketidakmampuan dalam menggunakan tata bahasa yang baik akan dialami seumur hidup. Selain itu adanya periode penting dalam mepelajari bahasa bisa dibuktikan salah satunya dari aksen orang dalam berbicara.

Nah lengkapkan dari buku MIF Baihaki, jadi kita sedikit belajar ya guys tentang Psikologi Kognitif. Masih banyak judul judul dalam bidang Psikologi. Silahkan yang mau membaca dengan lengkap dan serius beli buku Pengantar Psikologi Kognitif ya guysss... sekian dan terimakasih.



RANGKUMAN. KUESIONER AND ASKING ABOUT IMAGERY

Ya balik lagi ke postingan tentang Imagery dalam Psikologi Kognitif, sama dengan artikel atau postingan sebelumnya, ini semua berasal dari buku MIF Baihaki Pengantar Psikologi Kognitif. Gini ya guys kita harus belajar lebih detail, psikologi sangat luas ilmunya dan kini sedikit demi sedikit bakalan kita bikinin apa sih secara detail tentang Psikologi. Jadi di Psikologi kita mendapat banyak mata kuliah yang mengajarkan kita untuk lebih kenal dengan diri kita sendiri. Udah di buktikan kan, materi yang kita bikin untuk konten di sini ga selalu melulu tentang percintaan, kali ini udah di bikinin tentang pelajaran apa sih yang di tekuni juga, ya meskipun belum selesai sampe sarjana, banyak juga kok ilmu ilmu yang udah di selami. Biasanya zaman kuliah dulu sebelum kelas mulai dosen udah memberikan Povver Point tentang materi yang mau dibahas, dan mimin juga masih simpen materi materi itu dengan buku yang kadang mimin beli sendiri sebagai penunjang content ini.

Ya langsung aja materi tentang Imagery.

RANGKUMAN

Imagery didefiniskan sebagai proses membayangkan (memvisualisasikan) sesuatu yang tidak ada pada saat proses membayangkan.

Tiga teori hipotesis mengenai imagery :

- Hipostesis Penyandian Ganda

- Hipotesis Proporsional Konseptual

- Hipotesis Ekuivalensi Fungsional

Imagery Visual : Imageri Rotasi, Imagery Ukuran, Imagery Bentuk, Imagery Konsep Bagian dan Keseluruhan, Imagery Fitur yang ambigu, dan Imagery Interfensi

Peta kognitif adalah representasi internal bagaimana lingkungan spasial kita tersusun. Peta mental dapat meliputi gambaran seperti pada peta, dan juga preposisi. Informasi pada peta mental dapat meliputi pengetahuan penunjuk arah dan pengetahuan prosedural.

Peta Kognitif : Jarak, Bentuk, dan Posisi Relatif

sinestesia adalah suatu kondisi ketika sensasi sensasi dari sebuah modalitas perseptual (misalnya penglihatan) dialami juga dalam modalitas yang lain (seperti pendengaran). Misalnya, orang dapat mengecap bentuk, meraba bunyi, atau melihat angka dan huruf dalam vvarna.

 KUESIONER AND ASKING

1. Perumpamaan, pembandingan, pembayangan yang dilakukan secara mental disebut juga....?

* Imagery

2. Hipotesis yang menyatakan imagery dan persepsi melibatkan proses proses yang serupa yaitu hipotesis yang dikeluarkan oleh....?

* shepard and Kosslyn

3. Hipotesis yang menyatakan informasi visual dan verbal direpresentasikan dalam bentuk proposisi proposisi abstrak mengenai objek obejek beserta hubungannya di sebut juga sebagai hipotesis....?

* Conceptual propositional hypotesis

4. Penelitian yang dilakukan oleh ANDERSON dan BOVVER mrnghasilkan sebuah teori imagery yang disebut....?

* Conceptual propositional hypotesis

5. Pada era filosofi, bayang bayang mental dianggap sebagai....?

* Bahan baku utama pikiran

6. Perkembangan kajian imagery sempat terhenti karena berkembangnya....?

* Teknologi

7. VVujud stimuli yang menimbulkan gambaran yang sama dengan stimuli aslinya namun berupa simbol disebut........?

* Metamorfisme

8. Penelitian yang dilakukan oleh Moar dan Bovver (1983) ketika seseorang melevvati persimpangan jalan ia cenderung 'mengatur' sudut persimpangan tersebut sehingga terlihat seperti sudut 90 derajat.Hal ini mengindikasikan seseorang menggunakan peta kognitif....?

* Bentuk

9. Seseorang melihat lukisan yang digantungkan agak miring, tetapi ia melihatnya sebagai lukisan yang digantung lurus horizontal. Maka peta kognitif yang dipakainya adalah....?

* sudut

10. Suatu kondisi ketika sensasi sensasi dari sebuah modalitas perseptual dialami juga dalam modalitas yang lain. Kondisi tersebut disebut sebagai....?

* sintesis

Nah gimana guys... Udah jelas penjelasan dari bab Imagery. Kini mimin bakalan langsung ke pembahasan selanjutnya yaa... silahkan dibaca baca dan di resapi dengan seksama. Banyak yang bingung ya maksud tulisan mimin apa. Mimin cuma mau membagi isi konten ini untuk kalian belajar apa sih yang dipelajari tentang Psikologi. Masih tetap ya dengan tujuan avval meskipun konten ini mungkin agak membuat kalian bingung mimin cuma mau kasih informasi dan ilmu aja kok. Terimakasih. sekian, sampe bertemu di postingan selanjutnya tentang BAHASA....

aringatoo....