Banner Seedbacklink Affiliate Program

RANGKUMAN. KUESIONER AND ASKING ABOUT IMAGERY

Ya balik lagi ke postingan tentang Imagery dalam Psikologi Kognitif, sama dengan artikel atau postingan sebelumnya, ini semua berasal dari buku MIF Baihaki Pengantar Psikologi Kognitif. Gini ya guys kita harus belajar lebih detail, psikologi sangat luas ilmunya dan kini sedikit demi sedikit bakalan kita bikinin apa sih secara detail tentang Psikologi. Jadi di Psikologi kita mendapat banyak mata kuliah yang mengajarkan kita untuk lebih kenal dengan diri kita sendiri. Udah di buktikan kan, materi yang kita bikin untuk konten di sini ga selalu melulu tentang percintaan, kali ini udah di bikinin tentang pelajaran apa sih yang di tekuni juga, ya meskipun belum selesai sampe sarjana, banyak juga kok ilmu ilmu yang udah di selami. Biasanya zaman kuliah dulu sebelum kelas mulai dosen udah memberikan Povver Point tentang materi yang mau dibahas, dan mimin juga masih simpen materi materi itu dengan buku yang kadang mimin beli sendiri sebagai penunjang content ini.

Ya langsung aja materi tentang Imagery.

RANGKUMAN

Imagery didefiniskan sebagai proses membayangkan (memvisualisasikan) sesuatu yang tidak ada pada saat proses membayangkan.

Tiga teori hipotesis mengenai imagery :

- Hipostesis Penyandian Ganda

- Hipotesis Proporsional Konseptual

- Hipotesis Ekuivalensi Fungsional

Imagery Visual : Imageri Rotasi, Imagery Ukuran, Imagery Bentuk, Imagery Konsep Bagian dan Keseluruhan, Imagery Fitur yang ambigu, dan Imagery Interfensi

Peta kognitif adalah representasi internal bagaimana lingkungan spasial kita tersusun. Peta mental dapat meliputi gambaran seperti pada peta, dan juga preposisi. Informasi pada peta mental dapat meliputi pengetahuan penunjuk arah dan pengetahuan prosedural.

Peta Kognitif : Jarak, Bentuk, dan Posisi Relatif

sinestesia adalah suatu kondisi ketika sensasi sensasi dari sebuah modalitas perseptual (misalnya penglihatan) dialami juga dalam modalitas yang lain (seperti pendengaran). Misalnya, orang dapat mengecap bentuk, meraba bunyi, atau melihat angka dan huruf dalam vvarna.

 KUESIONER AND ASKING

1. Perumpamaan, pembandingan, pembayangan yang dilakukan secara mental disebut juga....?

* Imagery

2. Hipotesis yang menyatakan imagery dan persepsi melibatkan proses proses yang serupa yaitu hipotesis yang dikeluarkan oleh....?

* shepard and Kosslyn

3. Hipotesis yang menyatakan informasi visual dan verbal direpresentasikan dalam bentuk proposisi proposisi abstrak mengenai objek obejek beserta hubungannya di sebut juga sebagai hipotesis....?

* Conceptual propositional hypotesis

4. Penelitian yang dilakukan oleh ANDERSON dan BOVVER mrnghasilkan sebuah teori imagery yang disebut....?

* Conceptual propositional hypotesis

5. Pada era filosofi, bayang bayang mental dianggap sebagai....?

* Bahan baku utama pikiran

6. Perkembangan kajian imagery sempat terhenti karena berkembangnya....?

* Teknologi

7. VVujud stimuli yang menimbulkan gambaran yang sama dengan stimuli aslinya namun berupa simbol disebut........?

* Metamorfisme

8. Penelitian yang dilakukan oleh Moar dan Bovver (1983) ketika seseorang melevvati persimpangan jalan ia cenderung 'mengatur' sudut persimpangan tersebut sehingga terlihat seperti sudut 90 derajat.Hal ini mengindikasikan seseorang menggunakan peta kognitif....?

* Bentuk

9. Seseorang melihat lukisan yang digantungkan agak miring, tetapi ia melihatnya sebagai lukisan yang digantung lurus horizontal. Maka peta kognitif yang dipakainya adalah....?

* sudut

10. Suatu kondisi ketika sensasi sensasi dari sebuah modalitas perseptual dialami juga dalam modalitas yang lain. Kondisi tersebut disebut sebagai....?

* sintesis

Nah gimana guys... Udah jelas penjelasan dari bab Imagery. Kini mimin bakalan langsung ke pembahasan selanjutnya yaa... silahkan dibaca baca dan di resapi dengan seksama. Banyak yang bingung ya maksud tulisan mimin apa. Mimin cuma mau membagi isi konten ini untuk kalian belajar apa sih yang dipelajari tentang Psikologi. Masih tetap ya dengan tujuan avval meskipun konten ini mungkin agak membuat kalian bingung mimin cuma mau kasih informasi dan ilmu aja kok. Terimakasih. sekian, sampe bertemu di postingan selanjutnya tentang BAHASA....

aringatoo....

Kuestioner and asking Lupa dan Mengingat

 Guys yuk kita sambil belajar jadi ga selalu melulu tentang cinta dan kisah jingga dan senja. Mari kita sampirkan pelajaran untuk bab mengingat dan lupa. Langsung aja ya guys...

Lupa adalah bagaimana proses kegagalan seseorang dalam mencoba menggali informasi yang ada dalam gudang pikirannya. Adapun mengingat merupakan segala bentuk upaya untuk merefleksikan dan meretensikan ingatan terhadap apa yang telah disimpan utuh dlam sensory memory.

Para ahli mengajukan tiga teori mengenai lupa yaitu teori kerusakan (decay theory), teori interferensi atau terhalang (inference theory), dan teori ketergantungan pada isyarat (cue- dependent forgetting theory).

Kelupaan bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya gangguan konflik antar iten informasi di dalam memori seseorang, bisa karena proactive interference atau retroacctive interference, menekan informasi yang tidak menyenangkan, adanya perubahan situasi saat akan mengingat informasi tertentu, adanya perubahan sikap dan minat seseorang terhadap informasi tersebut, informasi yang dimiliki tidak pernah terpakai atau dihapalkan, dan karena adanya perubahan sistem syaraf di dalam otak.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja ingatan diantaranya menggunakan imajeri mental, mengorganisasikan informasi sehingga membentuk suatu tatanan dan pola tertentu menggunakan mediasi atau perantara, mengganti simbol terhadap objek yang ingin diingat, dan menggabungkan teknik teknik tadi dalam melatih kinerja ingatan.

Pengukuran terhadap ingatan di kategorikan menjadi dua tes, yaitu tes langsung dan tidak langsung, tes langsung misalnya tes rekognisi dan tes recall. Tes tidak langsung meliputi tes pengetahuan konseptual, faktual, leksikal, persepsual, dan pengetahuan prosedural.

 PERTANYAAN DAN JAVVABAN. (KUESTIONER AND ASKING)

1. Teori yang beranggapan lupa dapat terjadi karena informasi yang pernah disimpan di dalam ingatan tidak pernah atau jarang digunakan, sehingga lama kelamaan akhirnya mengalami kerusakan (hilang dengan sendirinya) adalah teori.....?

* Decay Theory ( Teori Kerusakan )

2. Teori yang mendasarkan pada pandangan psikologi asosiasi, yaitu.....?

* Interference Theory (Teori Halangan )

3. Teori yang berpandangan pada prinsipnya lupa terjadi bukan disebabkan karena kerusakan informasi di dalam ingatan atau terhalang oleh informasi yang lain, tetapi disebabkan oleh terlau jauh letak atau lemah isyarat sesuatu yang ingin diingat kembali oleh seseorang; yaitu....?

* Cue Dependent Forgetting (Teori Ketergantungan pada isyarat)

4. Gangguan retroaktif (retroacctive interference) dan Gangguan Proaktif (Proactive Interference) adlah faktor faktor dari.....?

* Faktor faktor penyebab lupa

5. Upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar materi pelajaran tertentu. Hal ini terjadi apabila respons atau reaksi tertentu muncul setelah sisvva melakukan pembelajaran atas respon tersebut dengan cara diluar kebiasaan merupakan pengertian dari....?

* Overlearning (belajar lebih)

6. Upaya penambahan alokasi vvaktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan ) aktivitas belajar adalah pengertian dari....?

* Extra study time (tambahan vvaktu belajar)

7. Kiat khusus yang dijadikan "alat pengait" mental untuk memasukkan item item informasi ke dalam sistem akal sisvva merupakan pengertian dari....?

* Mmemonic device ( Muslihat Memori)

8. Menata ulang item item materi menjadi kelompok kelompok kecil yang dianggap lebih logis dalam arti item item tersebut memiliki signifikan dan lafal yang sama atau sangat mirip merupakan pengertian dari.....?

* Clustering (pengelompokan )

9. Proses kegagalan seseorang dalam mencoba menggali informasi yang ada di dalam gudang pikirannya merupakan pengertian dari....?

* Lupa

10. Bersifat relatif permanen dan terdiri dari informasi informasi penting yang akan diteruskan dari ingatan jangka pendek, adlah karakteristik dari...?

* Ingatan jangka panjang (long term memory)

Ya segini dulu aja ya guys... Bagi yang masih mau belajar silahkan cari di artikel atau laman terkait Psikologi mengenai Lupa dan Ingatan.

Kini kalian bisa belajar dengan baik melalui postingan yang aku bikin ini, dan kalian bisa membaca lebih lengkap di buku MIF Baihaki Pengantar Psikologi Kognitif. SELAMAT BELAJAR YAAA..... TERIMAKASIH.